Cerita Cinta Tragis Sebelum Romeo dan Juliet - Male Indonesia
Cerita Cinta Tragis Sebelum Romeo dan Juliet
Sopan Sopian | Story

Cinta sejati dalam cerita Romeo dan Juliet memang begitu romantis dan tragis. Sehingga itulah yang menjadi populer di kalangan masyarakat. Keromantisan cinta Romeo dan Juliet kerap dibumbui puisi dan drama yang membuat siapa saja yang mendengarnya terhanyut.

cinta sejatiwikimedia

Mungkin, bagi seorang yang bermimpi memiliki cinta sejati, cerita Romeo dan Juliet adalah kisah cinta yang agung. Namun sebenarnya jauh sebelum kisah cinta mereka. Ada kisah cinta sejati kuno yang tak kalah tragis. Mulai dari Yunani hingga Tanah Timur Tengah.

Di mana, kisah cinta sejati mereka menggambarkan bahwa cinta sejati itu ada. Di mana, cinta sehidup semati itu benar-benar diterapkan. Tentang menunggu dan perjuangan yang bermimpi untuk akhir cerita yang bahagia. Namun, dari kisah cinta sejati kuno ini, nasibnya pun persis seperti apa yang dialami Romeo dan Juliet.

Odysseus dan Penelope
Di zaman modern seperti sekarang ini, sangat sedikit orang yang akan bisa memahami ikatan unik antara Odysseus dan Penelope. Bahkan lebih sedikit bisa meniru apa yang keduanya lakukan. Diceritakan, setelah mereka menikah, Odysseus harus meninggalkan Penelope dan seorang anak bayinya untuk perang. Karena Odysseus adalah seorang pemimpin Yunani dalam Perang Troya. 

Baca Juga: Seks Masal dan Perayaan dalam Peradaban Kuno

Dia (Odysseus) akan kembali ke rumah setelah 20 tahun lamanya. Periode inilah yang mana Penelope benar-benar setia kepada suaminya. Kesetiaannya ia lakukan dengan menolak 108 lamaran pria yang datang kepadanya. Begitupun sebaliknya, Odysseus pun menolak semua sebagian besar godaan yang menghampirinya meski "kebutuhan" batin kerap melanda dirinya. Ia tetap memutuskan untuk kembali demi istri dan anaknya.

Cleopatra dan Mark Antony
Cerita cinta sejati antara Cleopatra dan Mark Antony mungkin sebagian banyak orang tahu setelah kisah romantis antara Romeo dan Juliet. Bahkan, Cleopatra dan Mark Antony digadang-gadang adalah kisah cinta yang paling poluler sepanjang masa. 

Diceritakan bahwa, keduanya jatuh cinta pada pandangan pertama dan cinta mereka begitu kuat, sehingga menjadi ancaman bagi kekaisaran Romawi yang terus kehilangan kekuasaan dan kontrol ke Mesir karena keputusan yang dibuat oleh Mark Antony.

Meski semau rintangan dan peringatan kerap melanda mereka berdua, Cleopatra dan Mark Antony akhirnya dapat melangsungkan pernikahan. Antony kemudian memerangi rakyatnya sendiri. Menurut salah satu versi dari cerita keduanya, diyakini bahwa saat berperang melawan Roma, Antony mendapat kabar palsu bahwa Cleopatra telah mati. 

Hati siapa yang tidak hancur saat berada dalam tugas mendengar orang yang dicintainya meninggal dunia. Saat itu juga, akhirnya Antony menguhunuskan pedangnya sendiri. Kemudian, kabar atas bunuh dirinya Antony, Clepatra pun mengambil hidupnya sendiri. 

Tristan dan Isolde
Kisah cinta sejati Tristan dan Isolde telah berulang kali diceritakan dalam berbagai naskah cerita. Diceritakan bahwa Tristan bertemu cinta dalam hidupnya ketika pergi ke Irlandia untuk menjadi perwakilan atas lamaran pamannya, Mark seorang raja Raja Cornwall kepada Isolde.

Dalam perjalanan kembali ke Cornwall, Tristan dan Isolde melakukan kesalahan fatal dan minum ramuan ajaib. Ramauan ajaib ini berhasiat untuk siapa saja yang meminumnya akan mendapatkan cinta yang begitu besar dan abadi. Meski Isolde akhirnya menikah dengan Mark di Cornwall, tapi dia tidak bisa lepas dari cinta Tristan yang abadi. 

Setelah pernikahan antara Mark dan Isolde, hubungan antara Tristan dan Isolde pun tetap berlanjut. Lamban laun, kisah mereka diketahui Mark. Dari sana akhirnya Tristan diusir dari Cornwall. Tristan pindah ke Brittany dan menikahi wanita lain hanya karena namanya mirip dengan Isolde, yaitu Iseult. 

Meski keduanya menikahi orang lain, nampaknya efek dari ramuan itu tetap terjaga. keduanya tidak bisa lepas dari cina sejati. Dan tidak pernah menemukan cinta dari pasangan masing-masing. Hingga akhirnya Isolde meninggal di pelukan Tristan.

Pyramus dan Thisbe
Kisah sepasang kekasih muda ini berasal dari Timur Tengah. Dalam kisah tersebut, Pyramus digambarkan sebagai yang paling tampan dari semua laki-laki di Babilonia dan Thisbe dikatakan wanita paling cantik. Sama seperti Romeo dan Juliet, keluarga mereka bermusuhan dan untuk alasan itu mereka bertemu secara diam-diam dan berbagi cinta.

ketika mereka ingin bertemu secara diam-diam, mereka memiliki janji akan bertemu di sebuah danau. Namun ketika Thisne sedang duduk dibawah pohon, ia melihat seekor singa sehabis memakan mangsanya dan ingin melepas hausnya di danau itu. Sebagai wanita, Thisbe pun kaget dan ketakutan, ia mecoba melarikan diri ke sebuah gua terdekat untuk sembunyi. 

Sayangnya, ketika ingin bersembunyi, kerudung Thisbe jatuh dan tertinggal. Sang singa yang berlumuran darah itu pun mendekati kerudung Thisbe dan meninggalkan darah di atasnya. Seketika, setelah singa itu pergi, Pyramuspun datang dan mengira Thisbe telah tiada oleh sang singa. 

Sekonyong-konyongnya, Pyramus pun menhunuskan pedangnya sendiri. Thisbe yang kemudian keluar dari tempat persembunyian dan berjalan ke tempat sebelumnya, ia melihat Pyramus telah tiada, Thisbe pun ikut menghununskan pedang milik Pyramus ke dalam dirinya. ** (SS)


 

SHARE