Alexandra Botez, Bidadari dalam Jagat Catur | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Alexandra Botez, Bidadari dalam Jagat Catur
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Siapa pecatur seksi dan cantik idola Anda, pakah Natalia Pogonina, Maria Belen Sarquis, atau Mariam Mansur? Nampaknya Anda harus menambah deretan idola dalam cabang olahraga yang identik dengan otak encer ini. Nama baru yang bisa Anda sematkan sebagai pecatur seksi dan cantik itu adalah Alexandra Botez.

Foto by Andreas Kontokanis/flickr

Nama Alexandra Botez begitu mencuat setelah foto-fotonya beredar ketika sedang memikirkan strategi untuk melangkahkan bidaknya. Rambutnya yang panjang, alisnya yang rapi, bibirnya yang tipis, dan kerap mengenakan pakaian seksi, menjadikan wanita ini idola baru di dunia catur.

Sebelum melangkah lebih dalam mengenal Alexandra Botez, setidaknya perlu diketaui, catur adalah olahraga yang dilakukan menggunakan papan permainan yang terdiri dari 64 kotak dengan ukuran 8 x 8. Kotak-kotak tersebut dibagi menjadi dua warna yang berbeda, umumnya hitam dan putih. 

Dua warna ini mewakili dua pemain yang akan bertanding. Karena itu, catur adalah olahraga yang hanya bisa dimainkan oleh dua orang, tidak kurang tidak lebih. Selanjutnya, Masing-masing pemain memiliki 16 buah catur dengan bentuk dan nama yang berbeda untuk dimainkan: satu raja, satu menteri, dua benteng, dua kuda, dua gajah, dan delapan bidak. 

Baca Juga: Mengintip 4 Atlet Basket Muda Super Cantik

Masing-masing buah catur juga punya aturan pergerakan yang berbeda-beda. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai. Selain itu, pemain catur juga perlu memiliki ketangkasan luar baisa. Karena salah satu cabang olahraga ini memerlukan otak yang encer, keseriusan berpikir, kesabaran, kecermatan, dan kematangan strategi.

Throwback to the Olympiad! Trying to decide my next tournament.

A post shared by Alexandra Botez (@missbotez) on

Sehingga tidak heran jika dalam cabang olahraga ini lebih banyak dimainkan oleh pria. Tetapi dari sekian banyak pecatur pria, ada sederet wanita di dalamnya bahkan memiliki paras yang cantik dan seksi. Sebut saja salah satunya yang kini sedang menjadi idola, yakni Alexandra Botez.

Alexandra Botez lahir di Dallas, Tezas, pada 24 September 1995. Satu tahun kemudian, ia dan keluarganya bermigrasi dan dibesarkan di Kanada. Meski usianya masih terbilang muda, Alexandra sarat akan prestasi, Sejak usia 15 tahun, Botez pernah menjuarai AS Girls Nationals. 

Yang mengagumkan, di usia yang baru 17 tahun, Botez sudah lima kali menjadi juara catur wanita se-Kanada. Saat ini ia adalah salah satu pecatur terbaik terbaik meskipun masih dalam cakupan Kanada.  

Pencapaiannya dalam dunia catur, ternyata tidak terlepas dari peran sang kakek. Alexandra telah dikenalkan papan catur dan memainkannya oleh sang kakek sejak usia 6 tahun. Atas kepiawaiannya dalam mengatur strategi para bidak, membawanya keliling ke berbagai negara untuk mengikuti pertandingan catur Internasional.

A post shared by Alexandra Botez (@missbotez) on

Menjadi Ketua Klub Catur
Meski telah berprestasi, memiliki idola karena keseksian dan memiliki paras yang cantik. Nampaknya, Alexandra memilih untuk tidak terlalu fokus dalam dunia catur. Ia memilih melanjutkan pendidikannya sebagai mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional di Standford University, Amerika Serikat.

Bahkan, lebih menariknya, wanita yang populer akibat beredarnya foto saat memainkan catur ini adalah, ia menjabat sebagai ketua klub catur di Universitas. Lebih mengagumkannya lagi, sejak Universitas Standford berdiri, baru kali ini klub catur di universitas tersebut dijabat seorang wanita, yaitu Alexandra Botez.

Bisa dibayangkan, sebuah olahraga yang identik dengan pria diketuai oleh wanita cantik, seksi, dan cerdas seperti Alexandra. Pria mana yang tahan akan duduk bersama dengan berpura-pura mengajaknya berstrategi dengan papan catur.

Meski telah berprestasi dalam dunia catur, nampaknya Alexandra masih memainkan strategi kuno saat berain menggunakan bidak berawana putih. Yaitu memakai pembukaan Queen's Gambit. Artinya sandungan supaya lawan terantuk dan jatuh. Pembukaan Queen's Gambit (gambit mentri) ditulis dengan notasi 1. d4 d5 2. c4. Itulah pembukaan Queen's Gambit, pion hitam digiring untuk memakan pion putih pada petak c4! Bila kemudian hitam tergiring memakan pion putih 2..dxc4 maka pembukaan ini disebut Queen's Gambit Accepted (gambit mentri diterima).

Di lingkungan kampusnya, ia dijuluki Queens Gambit itu sendiri karena strateginya itu. Namun, sekarang perlu Anda ketahui, Alexandra Botez kini telah menyanjang gelar sarjana jurusan Hubungan Internasional dari Standford University pada Juni 2017 lalu. ** (SS)

SHARE