Makanan yang Memengaruhi Kesehatan Rambut Anda - Male Indonesia
Makanan yang Memengaruhi Kesehatan Rambut Anda
MALE ID | Looks

Apa yang anda makan dapat memengaruhi rambut Anda. Baik itu ketebalan maupun berkilaunya rambut yang Anda miliki. Layaknya bagian tubuh lain, rambut juga nyatanya membutuhkan nutrisi dari makanan. Jadi, jika ingin mempertahankan keindahan rambut Anda, pilih-pilihlah makan setiap harinya.

makan dapat memengaruhi  rambutunsplash.com

Menutrisi rambut dari luar seperti ke salon atau menggunakan bahan lainnya memang itu disarankan. Namun, baiknya Anda juga perlu untuk memberikan nutrisi rambut dari dalam dengan makanan yang dapat memengaruhi rambut Anda.

Bagi Anda yang telah memiliki rambut yang berkilau dan tebal, berterima kasihlah pada gen Anda. Tinggal bagaimana Anda menjaganya tetap sehat. Tetapi bagi yang tidak memiliki gen ketebalan rambut. Anda harus benarp-benar memilih makanan atau mengatur pola makan Anda untuk meningkatkan kesehatan folikel.

Baca Juga: Model Rambut Klasik yang Tak Pernah Ditinggal Zaman

Folikel rambut merupakan struktur kulit yang berguna untuk menumbuhkan rambut. Menurut studi, folikel rambut merupakan bagian dari unit pilosebasea. Pilosebasea sendiri adalah bagian yang bertugas untuk menumbuhkan rambut disertai minyak yang disekresi kelenjar sebasea. Maka berikut beberapa makanan yang dapat membantu Pilosebasea dalam menumbuhkan rambut.

1. Bayam
Ada dua jenis bayam, yaitu bayam hijau dan bayam merah. Bayam merah memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayam hijau. Bayam merah dan hijau sama-sama bisa digunakan untuk menebalkan rambut. Bayam kaya akan kandungan vitamin K, A, C, B1, B2, B6, E, magnesium, zat besi, zink, dan omega 3. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut Anda.

Bayam juga mengandung antioksidan yang membantu menghindari rambut Anda dari bahaya dan meningkatkan kesehatan kulit kepala Anda. Vitamin B dan C yang baik untuk pertumbuhan rambut juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut dengan meningkatkan produksi kolagen dan keratin pada rambut.

2. Wortel
Bagi kebanyakan orang wortel memiliki manfaat untuk mata dan menunda proses penuaan. Tetapi dengan nutrisi dan vitamin di dalamnya seperti Vitamin A, K, C, B6, B1, B3, B2, serat, potassium, fosfor dan lain sebagainya yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk rambut. 

Wortel dapat merangsang pertumbuhan rambut sekaligus dapat membuat rambut berikilau dan memberikan tekstur halus. Bahkan, wortel juga dapat menguatkan rambut sehingga rambut tidak dapat rusak dan rontok.

3. Alpukat
Buah alpukat memiliki kandungan beberapa senyawa yang dapat menstimulasi pertumuhan rambut dan kulit kepala. Karena di dalam buah alpukat tedapat antioksidan, vitamin E, vitamin C dan beberapa senyawa lainnya. 

Selain untuk perawatan rambut, buah alpukat juga bisa mencegah rambut kering dan mencegah kerontokan pada rambut. Artinya, buah ini mampu memberi nutrisi pada rambut supaya bisa berkembang dengan baik.

4. Telur
Kuning telur mengandung lestind an protein yang menjadikan rambut lebih kuat. Secara umum, telur juga kaya akan vitamin A, E, dan D yang merupakan nutrisi penting untuk pencegahan rambut rontok, meningkatkan tekstur, kesehatan, dan kemilauan rambut. Selain itu, manfaat lain dari kuning telur itu sendiri adalah dapat melindungi rambut dari polusi, klorin, dan efek sinar UV. 

5. Bluberi
Buah Bluberi memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C, B, dan B12 yang dapat mencegah rambut rontok, membantu pertumbuhan rambut, meningkat oksigenasi dan sirkulasi darah dalam tubuh terutama kulit kepala, dan juga berkhasiat memperlambat penuaan rambut (beruban). ** (SS)
 

SHARE