Bahaya Main Ponsel Saat Buang Air Besar - Male Indonesia
Bahaya Main Ponsel Saat Buang Air Besar
MALE ID | Sex & Health

Saat buang air besar (BAB) kadang terasa bosan jika tidak melakukan aktivitas lain. Maka tidak sedikit orang dahulu sambil membaca buku atau membaca koran. Tetapi nampaknya hal itu ada pergeseran. Hampir setiap orang, kini bermain ponsel saat berada di dalam kamar mandi saat duduk asik buang hajat.

main ponsel, buang air besarPixabay.com

Padahal, jika itu kerap dilakukan. Banyak hal buruk yang mengintai. Hal ringan yang akan terjadi adalah, ponsel Anda bisa saja jatuh ke dalam bak mandi atau lubang toilet. Namun lebih berbagaya lagi, bakteri yang ada di dalam toilet dapat tertransfer ke ponsel. kemudian, dari situ, ponsel dapat mentransfer bakteri ke wajah.

Pasalnya, menurut dr Lisa Ackerley lulusan dari University of the West of England mengatakan, barang apapun yang dibawa ke dalam kamar mandi, secara otomatis akan ada bakteri yang menempel. Begitu juga dengan ponsel. Karena saat itu, tangan Anda sedang tidak steril atau bersih dari kuman meski telah mencuci tangan sebelumnya.

Seperti dilansir dari Boldsky, penelitian mengungkapkan bahwa, lebih dari 17 ribu jenis bakteri dengan 20 mikroba yang berbeda spesies terdapat di kamar mandi. Berbagai patogen itu membuat seseorang rentan sakit dan bahkan di antaranya virus mematikan. Apalagi saat menggunakan ponsel.

Baca Juga: Pria Lebih Rentan Kena Kardiovaskular

Penyebaran bakteri pada ponsel tersebut bisa terjadi pada saat seseorang menyiram toilet. Ketika itulah bakteri menyebar. Mulai dari toilet itu sendiri, tempat cuci tangan, pegangan wastafel, keran, dan lain sebagainya. Bakteri yang ada di dalam toilet tersebut seperti E Coli, yang mana dapat mengganggu masalah pencernaan sampai infeksi saluran kemih. Akibatnya bisa menyebabkan diare hingga infeksi pernapasan.

Ditambah lagi, ponsel keluaran terbaru keseluruhannya adalah ponsel layar sentuh. Sehingga, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terkontaminasinya bakteri patogen saat menekan tombol ponsel. Lebih dari itu, peneliti mengungkapkan, ponsel dengan layar sentuh berpotensi menularkan bakteri lebih cepat.

Jadi, peneliti merekomendasikan untuk menyimpan ponsel Anda ditempat yang lebih bersih. Artinya, jangan lagi bermain ponsel atau membawa ponsel ke dalam toilet ketika Anda ingin buang air besar. ** (SS)

SHARE