Mandi Air Dingin Banyak Manfaatnya Buat Pria - Male Indonesia
Mandi Air Dingin Banyak Manfaatnya Buat Pria
MALE ID | Sex & Health

Sebagian besar orang sangat menghindari sekali mandi air dingin. Alasan yang diutarakan bermacam-macam. Dari tidak tahan dengan air dingin hingga takut merasa pusing. Apalagi ketika badan sedang sakit, mandi menggunakan air hangat pun enggan.

mandi air dinginPixabay.com

Namun tahukah Anda, bahwa mandi air dingin terutama pada malam hari bukan merupakan masalah besar? Betul, sejumlah peneliti menunjukkan air dingin mempunyai manfaat signifikan bagi tubuh pria. Bahkan khasiatnya bersifat menyehatkan, bila boleh dikatakan begitu.

Sepertinya Anda sudah begitu penasaran dengan khasiat yang dimaksud. Baiklah, langsung saja simak dan terapkanlah setelah membaca poin-poin berikut ini.

Baca juga: Air Kemasan dan Air Rebusan, Mana Lebih Baik?

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Anggapan banyak orang bahwa mandi air dingin menyebabkan masuk angin sama sekali kurang tepat. Menurut Dr. Joseph Mercola, ahli kesehatan alami, air dingin baik untuk sirkulasi darah yang mengelilingi organ manusia dan membantu memerangi masalah pada kulit serta hati. Bukan cuma itu, air dingin juga dapat membantu Anda terhindar dari penyakit hipertensi, pengerasan arteri serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi Nyeri Otot
Mandi pakai air dingin usai melakukan olah raga seperti jogging tidak hanya membuat badan segar, tapi juga bermanfaat buat mempercepat pemulihan serta mengurangi nyeri otot. Hasil sebuah studi pada tahun 2009 lalu menunjukkan 24 menit mandi air dingin bersuhu 10 sampai 15 derajat Celcius efektif mengurangi sakit otot dalam kurun waktu satu sampai empat hari setelah latihan. Ini tentu jauh lebih cepat dibandingkan beristirahat.

Membakar Lemak 
Ingin mengurangi berat badan tetapi tak kunjung berhasil melalui diet? Alih-alih mencoba cara “tradisional” seperti itu, Anda bisa membersihkan seluruh badan dengan air dingin dimana membantu menurunkan berat badan Anda. Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School memperoleh hasil mencengangkan, yakni paparan suhu dingin ekstrim pada tubuhmu membakar lemak jahat sekitar 15 kali lebih kuat dibandingkan mandi air hangat.

Membuat Denyut Jantung Tetap Stabil
Agar segar setiap pagi sebelum memulai rutinitas, Anda perlu memasuh seluruh tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan air dingin. Memang ada rasa menggigil, tetapi percayalah pernapasan Anda bisa lebih dalam lantaran adanya shock dingin tersebut. Denyut jantung senantiasa lebih cepat pun akan meningkatkan aliran darah ke tubuh, sehingga energi Anda tetap prima meski beraktivitas seharian penuh.

Meningkatkan Kesuburan
Manfaat terakhir yang bisa Anda peroleh dari mandi air dingin adalah kesuburan Anda terjaga bahkan mengalami peningkatan. Dari studi yang dilakukan USCF, ditemukan fakta bahwa pria yang berhenti mandi air hangat jumlah spermanya meningkat sampai 491%. Benar, Anda tidak salah melihat persentase tersebut. Maka, penggunaan air dingin menghasilkan kuantitas dan kualitas sperma yang sangat baik.**GP

SHARE