Mempersiapkan Wasiat dalam Brankas Digital Anda - Male Indonesia
Mempersiapkan Wasiat dalam Brankas Digital Anda
MALE ID | Digital Life

Dunia digital dapat mempersiapkan wasiat di mana sewaktu-waktu Anda sudah tidak lagi aktif di dalamnya. Artinya dalam hal ini adalah, ketika Anda sudah tidak lagi hidup di dunia. Bagaimana, dunia digital dapat memberikan "wasiat" semacam pemberitahuan jika akun Anda sudah tidak lagi aktif.

dunia digitalpixabay.com

Ya, Anda tidak mungkin mengalami kematian dalam waktu dekat, tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kejadian terburuk tersebut. Seperti kematian pada umumnya, tentu akan ada seseorang yang harus diberikan wasiat setelah kehidupan tidak lagi dipijak seseorang.

Di dalam dunia digital pun dapat memberikan kehendak Anda atau "wasiat" siapa yang nantinya akan melanjutkan atau dapat mengakses akun digital Anda seperti contohnya dalam Akun Google, Gmail, Drive, Foto, dan lain-lain, setelah meninggal dunia. Terutama Anda memiliki banyak data di dalam akun Google itu.

Baca Juga: Deretan Aplikasi Chatting Asli Indonesia

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana Anda dapat meninggalkan akun Anda di tangan yang baik saat sesuatu yang memang tidak dapat dipastikan (kematian). Salah satunya untuk akun Google Anda. 

Mempersiapkan Wasiat untuk "Ahli Waris"
Google tidak secara eksplisit membicarakan kematian, namun mereka membiarkan Anda memutuskan apa yang terjadi pada akun Google Anda, seperti Gmail, Foto, Google Drive, dan lain-lain. Bila Anda belum masuk ke akun Google untuk jangka waktu tertentu. 

Seperti mengutip laman news.com, Google memungkinkan Anda menambahkan hingga 10 teman dan anggota keluarga yang akan diberi tahu jika akun Anda tidak aktif dalam jangka waktu tertentu, dan siapa yang akan (dengan izin Anda) dapat men-download data dari akun Anda selama tiga bulan.

Masuk ke Akun Google
Untuk menyiapkan Pengelola Akun Tidak Aktif, masuk ke akun Google Anda dan Klik Setup untuk memulai proses.

Pertama, Anda harus menambahkan nomor ponsel ke akun sehingga Google dapat memberi tahu Anda sebelum akun Anda tidak aktif. Anda juga bisa menambahkan alamat email tambahan.

Selanjutnya, pilih batas waktu Anda, berapa lama Google akan menunggu sebelum menyatakan bahwa akun Anda tidak aktif. Pilihan Anda tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, satu tahun, 15 bulan, atau 18 bulan. Google akan mengingatkan Anda satu bulan sebelum batas waktu habis.

Setting Pemberitahuan untuk Ahli Waris
Selanjutnya, Anda dapat menambahkan hingga 10 kontak yang akan diberi tahu jika akun Anda menjadi tidak aktif. Untuk menambahkan kontak, klik Add trusted contact dan ketik yang terpercaya di alamat email seseorang atau nama kontaknya. Jika Anda ingin agar kontak dapat mendownload data dari akun Anda, centang kotak Share my data with this contact dan tekan Next.

Di layar berikutnya, Anda dapat memilih data yang ingin Anda bagikan dengan kontak, semuanya dari Google + 1 hingga profil Orkut Anda. Anda juga harus memasukkan nomor telepon kontak Anda sehingga mereka dapat menerima kode verifikasi sebelum diizinkan mengakses data Anda.

Setelah memilih akun yang ingin dibagikan dengan kontak Anda, Anda harus mengetikkan email yang akan dikirim ke mereka saat akun Anda kedaluwarsa. Email ini secara otomatis akan menyertakan informasi tentang cara mengakses akun dan data Anda, namun Anda dapat menambahkan pesan pribadi milik Anda sendiri.

Setelah menambahkan semua kontak tepercaya, klik Aktifkan (Enable) untuk mengaktifkan Pengelola Akun Tidak Aktif.

Kini, akun semua data yang terkait dengan akun Google Anda dapat terselamatkan oleh orang yang Anda percaya untuk men-download-nya. Sehingga rahasia apa yang Anda selama ini sembunyikan dan ingin diberitahukan pada suatu saat dapat tersampaikan dengan baik. ** (SS)

SHARE