Aneka Mie Asal Negeri Matahari Terbit - Male Indonesia
Aneka Mie Asal Negeri Matahari Terbit
MALE ID | Relax

Aneka mie di seluruh dunia sangat beragam bentuknya. Meski banyak orang menyebutkan mie berasal dari daratan Cina, banyak negara lain juga menghasilkannya dengan cita rasa berbeda-beda. Alhasil, mie begitu digemari oleh setiap orang di muka bumi.

Sementara di Indonesia sendiri, seringkali kita jumpai pedagang dan rumah makan dimana khusus menyediakan aneka mie. Salah satunya invasi rumah makan Jepang di tanah air yang sudah mewabah. Bisa jadi Anda pun pernah mencicipi salah satu kelezatan suguhan mie Jepang bahkan hingga ketagihan.

Namun seberapa paham Anda mengenai aneka mie dari Negeri Matahari Terbit? Poin-poin di bawah ini akan menjelaskannya secara detail. Mari disimak.

 
 
Ramen


pixabay

Ramen adalah mie asal Jepang yang paling populer. Teksturnya tidak terlalu lembek dan bergelombang. Umumnya, Ramen disajikan bersama kuah kaldu khusus. Antara lain miso, shio, shoyu dan tonkotsu.

Soba


Yuzuke Kawasaki

Seperti ramen, soba juga menjadi jenis mie favorit di Jepang yang terbuat dari gandum hitam dan berwarna cokelat. Di negeri asalnya, soba dihidangkan dengan dua cara, panas atau dingin. Soba disajikan dalam mangkuk berisi kuah kaldu untuk dimakan panas. Sementara jika dimakan dingin, soba terpisah dari saus celupnya.

Udon


pixabay

Dibandingkan aneka mie lain dari Negeri Sakura, udon merupakan mie paling tebal, disertai ketebalan sekitar 4-6 milimeter. Udon dapat disajikan baik dingin maupun panas. Tergantung pada musim yang sedang berlaku di sana.

Somen


ayustety from Naha, Okinawa

Somen juga terbuat dari gandum dan bertekstur tipis. Hanya saja warna mie somen agak lebih putih. Dari jenisnya, somen cenderung menyerupai udon dalam versi yang lebih tipis. Saat musim panas, warga Jepang biasa menyantap somen yang memang disajikan dingin.

Hiyamugi


yoppy from Kawasaki, Kanagawa

Hiyamugi agak menyerupai somen dan udon, walaupun ukurannya tidak sekecil somen dan tidak sebesar udon. Cara penyajiannya pun mirip seperti kedua mie tersebut.

Shirataki


Naotake Murayama

Shirataki adalah mie yang terbuat dari konyaku (sejenis agar-agar). Dimana menghasilkan kekenyalan khas pada shirataki. Anda bisa menemuinya pada masakan sukiyaki dan oden. Teksturnya berbentuk seperti sohun.

Yakisoba


gaelenh from Tokyo

Dalam bahasa Indonesia, yakisoba berarti mie goreng. Yakisoba merupakan masakan Jepang yang menggunakan jenis mie sedikit terlihat mirip ramen. Biasa ditambahkan daging dan sayuran. Soal rasa? Lumayan gurih dan sedikit manis. By the way, mie ini tidak sama dengan soba.

Champon


Ponta2, own work

Sejatinya, champon bukan jenis aneka mie tetapi lebih kepada masakan Jepang yang menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Isinya antara lain sayur, daging atau seafood di dalam kuah.

SHARE