Pentingnya Basa-Basi dari Kacamata Ilmiah - Male Indonesia
Pentingnya Basa-Basi dari Kacamata Ilmiah
MALE ID | Relationships

Basa-basi bagi pria pemalu menjadi hal yang aneh. Baik itu kepada orang lain, kerabat jauh, atau wanita yang ingin Anda ajak ngobrol. Ada rasa canggung dan bingung apa yang harus dikatakan saat bertatap muka untuk memecah keheningan. 

basa-basiPixabay.com

Kadang basa-basi juga terasa melelahkan. Karena selain untuk berpikir tema apa yang harus dibicarakan, juga harus melakukan gestur tubuh yang baik pula seolah-olah semua tidak ada apa-apa dan nyaman saat bersama orang baru atau kerabat jauh.

Namun, sebagai makhluk sosial, berhubungan atau saling berinteraksi dengan manua lainnya sangatlah perlu. Karena di dalamnya tersembunyi untuk kesehatan mental. Selain itu juga, basa-basi adalah sebagai fondasi dalam membangun hubungan atau menjalin sebuah hubungan.

Menurut sebuah studi baru dari University of Chicago, orang cenderung memiliki pengalaman yang lebih baik mengobrol dengan orang asing daripada berdiam diri sendiri. Studi lain tentang pengaruh "ikatan lemah" atau basa-basi, seperti obrolan ringan dengan barista atau gadis yang selalu Anda lihat, menunjukkan bahwa interaksi kecil itu meningkatkan kesejahteraan sosial dan emosional Anda.

Baca Juga: Berteman dengan Mantan? Perhatikan Hal Berikut

Penelitian lain juga menemukan bahwa dengan mengenal seseorang yang baru dan terus melawan kecanggungan untuk berbasa-basi, ternyata memberi dorongan pada otak dalam hal merencanakan, memprioritaskan, dan mengatur dengan lebih baik.

Pada dasarnya tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan sedikit obrolan ringan. Tentu, awalnya mungkin aneh. Tapi pada akhirnya, hal itu adalah sesuatu yang berharga. Dan Anda bahkan bisa punya teman baru.

Jen Harwood, pelatih bisnis, pembicara dan penulis motivasi juga mengatakan soal pentingnya berbasa-basi. Pasalnya ini memiliki manfaat bagi Anda sendiri. Maka perlunya melatih sebuah obrolan kecil atau yang kita kenal basa-basi ini.

Karena selain untuk membangun networking. Juga jika Anda tidak pandai berbasa-basi, hal tersebut dapat membunuh kepribadian Anda dan karir Anda. "Dan itulah mengapa orang harus perlu melakukan basa-basi dan mempraktikkannya," kata Harwood.

Membuat Obrolan yang Berarti
Harwood mengatakan untuk menghindari kecanggungan atau memulai percakapan, awalilah dengan senyuman dan menemukan kesamaan. Misalnya mulai dari berbagi hal yang menarik untuk Anda dan mendengarkan orang lain. Cara terbaiknya adalah memberikan pertanyaan.

Selain itu, berikan hal yang tulus saat berbasa-basi. Pasalnya hal itu adalah kunci saat Anda melakukan obrolan kecil kepada orang lain. "Orang ingin mengenal Anda, menyukai Anda dan mempercayai Anda, dan jika Anda ingin membangun kepercayaan, Anda harus tulus," ujar Harwood.

Tetapi, Anda juga jangan terlalu dominan. Pasalnya tidak semua orang merasa nyaman dengan apa yang Anda bicarakan. Lebih baik batasi apa yang memang harus Anda bicarakan. Selingi dengan bertanya dan cerita tentang Anda sendiri. "Anda tak perlu bicara terus. Dan jika Anda diam karena Anda tidak ingin berbicara, Anda perlu mengangguk dan mengakui bahwa Anda sedang mendengarkan," ucap Harwood. ** (SS)

SHARE