Destinasi Wisata ke Situs Warisan Dunia Unesco - Male Indonesia
Destinasi Wisata ke Situs Warisan Dunia Unesco
Gading Perkasa | Relax

Menjelang akhir tahun, sudahkah Anda merencakan destinasi wisata untuk kegiatan berlibur Anda? Atau malah bingung menentukan tujuan? Jangan khawatir akan hal itu, Anda bisa mencoba sesuatu yang baru.

Setiap tahunnya, UNESCO menetapkan sejumlah tempat sebagai situs bersejarah dan budaya penting di dunia. Tujuan utama penetapan Situs Warisan Dunia UNESCO yakni mempromosikannya supaya lebih dikenal masyarakat dunia, dari turis lokal sampai mancanegara.

Berkunjung ke Perancis, Spanyol atau Amerika Serikat sekalipun rasanya sudah tergolong biasa. Nah, tempat-tempat yang ditetapkan UNESCO menawarkan hal berbeda dan layak dimasukkan ke dalam destinasi wisata Anda berikutnya. Lokasi mana saja yang dimaksud? Inilah dia.

Baca juga: 5 Wisata Dari Kota yang Terabaikan

destinasi wisata
Chanrasmey Miech/wikimedia

Tempat pertama berada di Asia Tenggara, yakni Kamboja. Sambor Prei Kuk mulanya adalah ibukota Kekaisaran Chenla pada akhir abad ke-6 sampai awal abad ke-7. Situs arkeologi terdiri dari sebuah kota berhiaskan tembok, sepuluh kuil berbentuk segi delapan serta kuil lain yang dihiasi unsur batu pasir.

Gulangyu (Cina)

destinasi wisata
Jakob Montrasio/wikimedia

Pulau Gulangyu terletak di lepas pantai Xiamen di Cina Tenggara. Sulitnya akses membuat pulau hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki setelah menaiki kapal feri selama 20 menit dari kota besar terdekat. Dahulu kala, penghuni pulau merupakan imigran dari berbagai penjuru dunia. Pulau Gulangyu menjadi rumah bagi sejumlah pantai indah yang mengelilinginya.

Aphrodisias (Turki)

destinasi wisata
Brocken Inaglory/wikimedia

Aphrosidias adalah situs arkeologi luar biasa sekaligus rumah bagi kuil Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani, Aphrodite. Lokasinya berada di sisi barat daya Turki. Dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang baru di kawasan Eropa Timur. Anda dapat menjumpai sisa-sisa kuil lainnya, antara lain teater, agora dan komplek ruang mandi.

Hebron (Palestina)
destinasi wisata
Eman/Wikimedia

Sebagai salah satu kawasan World Heritage, Hebron masuk ke dalam daftar warisan dunia yang terancam. Kepentingan religi dan budayanya tetap mengalahkan polemik di dalamnya, meski keberadaan situs menuai kontroversi. Anda patut menjadikannya destinasi wisata ketika menjejakkan kaki di Palestina.

Asmara (Eritrea)

destinasi wisata
David Stanley/Wikimedia

Terletak di Benua Afrika, ibukota Eritrea, Asmara menyimpan banyak bangunan bergaya arsitektur kolonial Italia. Dimana Anda akan terbawa kepada era Art Deco. Asmara adalah rumah bagi tempat ibadah seperti masjid, gereja dan sinagog. Sebuah gambaran sejati urbanisme modernis.

Los Alerces National Park (Argentina)

destinasi wisata
Gustavo Perretto/Flickr.com

Taman Nasional Los Alerces berada di Andes, sisi utara Patagonia, Argentina. Di sini Anda akan dimanjakan oleh pemandangan danau yang jernih, padang rumput gletser serta hutan rimba nan hijau. Los Alerces merupakan satu di antara Situs Warisan Dunia UNESCO yang masih alami.

The English Lake District (Inggris)

destinasi wisata
Diliff/Wikimedia

Anda ingin suasana tenang pedesaan ala era Victoria? Maka jadikan The English Lake District sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya. Terletak di sisi barat laut Inggris, kawasan ini tak banyak dikunjungi turis. Kendati demikian, pesona keindahannya sulit disaingi. Dari lembah, gunung, danau, rumah bergaya arsitektur kuno dibalut jalan yang berkelok-kelok.**GP

SHARE