Inovasi Teknologi Terbarukan di Smartphone | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Inovasi Teknologi Terbarukan di Smartphone
Gading Perkasa | Digital Life

Hari demi hari, inovasi teknologi selalu berkembang sangat pesat. Bahkan setiap tahunnya, ada saja teknologi terbarukan yang menjadi tren di berbagai sektor. Alhasil, batasan-batasan tertentu mulai hilang dan kehidupan manusia kian dimudahkan.

inovasi teknologiPixabay.com

Di antara sekian banyak inovasi teknologi yang telah dikembangkan, smartphone adalah salah satu platform dengan perkembangan signifikan. Awalnya hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi, kemudian menjadi perangkat yang dapat melakukan segala hal.

Bagi Anda pecinta teknologi, artikel kali ini akan membahas sedikitnya lima inovasi teknologi ‘menakjubkan’ di perangkat smartphone. Sudah penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Invasi Kecerdasan Buatan di Beberapa Disiplin Ilmu

Sensor Pemindai Objek
Anda pernah melihat sensor yang dipunyai iPhone X dimana dapat memindai panjang dan lebar ruangan? Maka, smartphone Changhong H2 jauh lebih memukau. Teknologi yang disematkan memungkinkan Anda memindai objek dengan bantuan sensor near infrared spectrometer untuk mengenali objek. Mulai dari tekstur, bentuk serta ukurannya. Di masa depan, sensor ini akan membantu aktivitas kehidupan penyandang tuna netra.

Foldable Dual Screen
Adalah ZTE Axon M, smartphone pertama yang mengusung teknologi foldable dual screen. Anda dapat menyinkronkan dua layar sekaligus dan melipatnya ke belakang apabila hendak menggunakan satu layar saja dimana ukurannya lebih nyaman digenggam. Sejatinya, teknologi tersebut sudah ada cukup lama di dunia PC. Namun berkat kerja keras ZTE, mereka mampu mengimplementasikan foldable dual screen ke smartphone dengan layar lebih kecil.

Modular Smartphone
Pada awalnya, konsep modular smartphone dipunyai oleh Google melalui Project Ara. Yakni penggunanya bisa mengganti sparepart di smartphone seperti kamera, prosesor serta masih banyak lagi. Motorola Moto Z2 Play menyempurnakan teknologi ini sehingga pengguna juga dapat memodifikasi aksesoris smartphone sedemikian rupa. Misalnya untuk kebutuhan gaming, Anda tinggal memakai joystick khusus Moto Z2. Terkesan biasa memang, tetapi bukan mustahil ke depannya smartphone bisa dirakit layaknya komputer sesuai keinginan Anda.

Sensor Pemindai Gerakan Mata
Lagi-lagi ZTE membuktikan kepada dunia dengan gebrakan teknologi canggihnya. ZTE Hawkeye merupakan smartphone pertama yang menyematkan fitur sense eye. Secara sederhana, Anda tak akan kesulitan mengontrol perangkat melalui pergerakan mata dibantu sensor pemindai khusus di dalamnya.

Layar Depan Belakang
Inovasi teknologi terakhir yakni fitur layar dua sisi. Yotaphone 2 menggunakan konsep layar depan belakang yang barangkali kurang berguna bagi sebagian orang. Kendati demikian, di masa depan fitur ini bisa berguna secara signifikan di kehidupan manusia. Misalnya Anda ingin scanning QR Code tanpa perlu mencetaknya sembari melihat notifikasi masuk.**GP

SHARE