Seberapa Pentingkah Bezel Pada Smartphone? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Seberapa Pentingkah Bezel Pada Smartphone?
Gading Perkasa | Digital Life

Dengan semakin berkembangnya teknologi, smartphone tanpa dibekali fungsi bezel sudah banyak menjamur di pasaran. Pasalnya, tren desain bezel-less memang terkesan lebih stylish dan premium. Anda bisa melihatnya pada sejumlah smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S8.

pixabay.com

Alhasil, banyak penggemar gadget antusias menyikapi kehadiran smartphone tanpa bezel. Dimana smartphone tersebut memiliki rata-rata rasio layar ke bodi sebesar 87%. Pertanyaannya, bagaimana keamanan layar dengan dihilangkannya fungsi bezel?

Kesan tampak menawan menjadi sia-sia manakala layar ponsel tidak terlindungi secara menyeluruh. Dan artikel kali ini akan menjawab pertanyaan Anda perihal pentingnya fungsi bezel pada perangkat kesayangan Anda. There we go.

Baca juga: Gadget Mudah Rusak Akibat Kebiasaan ini

Berfungsi Menahan dari Sentuhan
Bezel pada smartphone berfungsi menghalau agar tidak semua titik di layar tersentuh. Sedikit bagian di luar layar inilah yang menjaga tangan Anda dari kemungkinan salah pencet.

Perlindungan Maksimal
Kehadiran bezel yang membingkai perangkat bukan sebatas hiasan semata. Melainkan juga memberikan perlindungan dari benturan dan tetesan air ke permukaan tempat layar ditempelkan. Apabila smartphone Anda tanpa bezel jatuh ke lantai, hampir dipatikan layarnya langsung retak karena hanya dilindungi sedikit lapisan bezel.

Tempat Menyematkan Sensor
Bezel adalah tempat berkumpulnya berbagai sensor. Meliputi sensor sidik jari, kamera depan dan masih banyak lagi. Tanpa bezel, penempatan sensor pastinya berubah total bahkan tidak jarang membuatnya terlihat aneh. Sebagai contoh, Samsung Galaxy S8 dan iPhoneX yang memindahkan sensor sidik jari ke belakang demi mempertahankan desain bezel-less.

Lebih Leluasa Memilih Casing
Dengan bezel tersemat pada smartphone, kita dapat memilih casing pelindung tanpa harus mengkhawatirkan berkurangnya keindahan perangkat. Coba bandingkan jikalau perangkat Anda tergolong tanpa bezel dan dipasangi casing. Hasilnya pasti kurang stylish dipandang.

Bezel Seolah Membingkai Layar
Secara estetika, layar akan lebih indah dilihat bak sebuah foto tergeletak di atas meja bila dibekali dengan bezel. Memeriksa gambar atau menonton video di Youtube juga terasa nyaman lantaran kita mengetahui di mana batas layar smartphone.

Kelima poin di atas telah menjelaskan betapa pentingnya fungsi bezel pada smartphone. Kendatipun hal itu merupakan perwujudan kecanggihan teknologi nan futuristik, ada baiknya Anda berpikir ulang dan mempertimbangkan dengan matang sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada smartphone bezel-less.**GP

SHARE