Sensasi Cave Tubing di Kalisuci Gunungkidul - Male Indonesia
Sensasi Cave Tubing di Kalisuci Gunungkidul
Sopan Sopian | Relax

Cave Tubing di Kalisuci, Gunungkidul, Yogyakarta menjadi aktivitas travel menarik bagi Anda yang rindu pengalaman dan tantangan baru. Yogyakarta memang tidak hanya menyimpan segala kearifan lokalnya. Dari berbagai aspek, bisa dibilang Kota Pelajar ini tidak kalah dari provinsi-provinsi yang ada di pulau Jawa lainnya. Apalagi berbicara tentang pariwisata. Mulai dari gunung, laut, dan hutan, Yogyakarta sekarang menjadi pusat perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Foto: Cave Tubing/wikipedia

Kalau Anda memiliki rencana ke Jogja, jangan lupa untuk main ke Kabupaten Gunungkidul, yang terletak hanya 1,5 jam dari pusat kota. Kabupaten di timur Yogyakarta ini terkenal dengan pegunungan Kars yang menyimpan banyak destinasi wisata tersembunyi di dalam tanah. Salah satunya adalah obyek wisata Kalisuci yang terletak di Kecamatan, Semanu, Gunungkidul Yogyakarta.

Kalisuci berada di kawasan Kars Gunungsewu yang telah dilindungi dan diusulkan oleh International Union Speleology (IUS) pada tahun 1993 menjadi salah satu warisan alam dunia. Menariknya, Kalisuci merupakan obyek wisata yang dijadikan untuk cave tubing. Mengingat kawasan wisata alam seperti Kalisuci tersebut hanya ada tiga tempat di dunia, yaitu Kalisuci, Indonesia lalu Mexico dan Selandia Baru.

Wisata alam ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai petualangan mengarungi sungai. Di sini Anda bisa mendapatkan sensasi menyusuri goa di bawah tanah selama lebih dari satu jam dengan biaya tertentu. Anda juga akan ditemani pemandu untuk memulai petualangan. Selama menyusuri sungai ini Anda dibekali dengan berbagai perlengkapan seperti ban, pelampung, helm, pengaman lutut, dan pengaman siku. 

Setelah semuanya siap, barulah pemandu akan membawa peserta ke lokasi Kalisuci yang tidak jauh dari basecamp. Dalam perjalanan menuju lokasi Anda akan melewati kebun pohon jati dan menuruni anak tangga yang sedikit curam. Selain itu Anda dan rombongan akan diberikan penjelasan tentang bebatuan yang terbentuk di dalamnya.

Setibanya di lokasi barulah petualangan baru akan dimulai. Sensasi cave tubing di bawah tanah akan Anda rasakan selama di dalam goa. Kalelawar tepat di atas kepala semakin membuat adrenalin terpacu untuk menaklukan sungai sepanjang 600 meter.

Arus sungai di Kalisuci cukup deras, maka dari itu setiap peserta wajib bergandengan agar tidak terpisah dari rombongan. Saat melakukan cave tubing, jangan sampai tidak mengabadikannya. Karena ada spot untuk berfoto bersama teman-teman berlatar belakang mulut goa. Anda juga bisa menguji nyali dengan melompat di atas batu dengan ketinggian 3 meter.

Sesampainya di batas akhir penyusuran, Anda juga juga diberi kesempatan untuk berenang sebelum kembali ke basecamp. Saat menuju ke basecamp Anda harus menaiki tangga curam, ketahanan fisik sangat diutamakan dalam hal ini. Setelah itu Anda akan dijemput mobil bak terbuka untuk kembali ke  dan menikmati makan dan minuman yang disediakan secara cuma-cuma. ** (SS)

SHARE