Radical Candor untuk Kenyamanan Lingkungan Kerja | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Radical Candor untuk Kenyamanan Lingkungan Kerja
Sopan Sopian | Works

Kenyamanan lingkungan kerja tentu didambakan oleh setiap karyawan dan atasan. Sehingga semangat dan kolaborasi tim dapat tercipta. Lebih jauh output atau target yang ingin dicapai pun dapat tercapai dengan lingkungan kerja yang nyaman dan baik.

kenyamanan lingkungan kerjaPxhere.com

Namun, kenyamanan lingkungan kerja ini bukan hanya sekadar gaji karyawan yang besar atau sebuah tempat yang cozy. Tetapi sebuah sikap dari setiap karyawan dan pemimpin perusahaan. Karena, ada sebuah adagium populer di dalam sebuah karir, yaitu "orang tidak pergi meninggalkan perusahaan, mereka meninggalkan pemimpinnya".

Berangkat dari adagium tersebut, dapat dijabarkan bahwa pemimpin perusahaan menjadi kunci dalam menciptakan sebuah kenyamanan lingkungan kerja. Maka jika ada sebuah perusahaan dengan pemimpin hebat, berarti ia memiliki resep rahasia atau sebuah sikap atau perilaku yang dinamakan radical candor.

Secara harfiah, radical candor berarti "keterusterangan yang radikal". Sikap terus terang artinya berbicara secara terbuka sesuai kenyataan yang ada, dan merupakan sikap yang sangat penting dalam dunia kerja. Radical candor adalah sebuah istilah yang dicetuskan oleh Kim Malone Scott, penulis sekaligus konsultan ternama yang dulunya pernah bekerja sebagai eksekutif di Google dan Apple. 

Baca Juga: Bekerja di Rumah, Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Untuk menghasilkan sikap terus terang yang positif, ada satu faktor penting yang tak boleh dilupakan. Karena perlu Anda sadari, tidak semua orang menerima dengan keterusterangan. Jika tidak menyampaikan dengan cara dan sikap yang baik, justru keterusterangan itu dapat membuat seseorang merasa tersinggung, direndahkan, sampai hilang rasa percaya diri.

Kepedulian terhadap sesama menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah sikap terus terang. Maka perlu adanya kombinasi antara tingkat keterusterangan dan tingkat kepedulian. Sehingga ini yang akan menentukan sikap apa yang ada dalam diri Anda.

Radical candor itulah yang dimaksud, yaitu hasil dari gabungan sikap terus terang dan rasa peduli terhadap sesama, dalam hal ini rekan kerja atau bawahan Anda. Anda "menantang" seseorang dengan ucapan yang terus terang, tapi Anda melakukan itu dengan tujuan untuk membuat dirinya jadi lebih baik. Inilah kunci untuk menjadi seorang profesional dan pemimpin yang hebat.

Secara teori, menerapkan radical candor memang mudah. Namun akan sulit apabila dilakukan dengan cara yang konsisten. karena hal tersebut membutuhkan kerja keras dan kebiasaan. Tentu Anda faham akan sulitnya menunjukan sikap peduli setiap saat. Namun, sebagai pemimpin itu perlu, karena setiap persoalan perlu dipikirkan jalan keluarnya.

Ketika karyawan melakukan kesalahan, jangan sampai anda tidak mengfrontasinya. Bayangkan jika karyawan melakukan kesalahan dan Anda diam saja. Kesalahan ini akan terus terulang dan imbasnya pada pencapaian atau target yang telah Anda susun sendiri untuk memajukan perusahaan. Maka dari itu, perlu resep sikap dan peduli ini untuk mengfrontasi karyawan Anda.

Tetapi, memang idealnya radical candor tidak hanya dilakukan oleh atasan, tapi juga semua orang dalam perusahaan. Maka perlahan lakukanlah penularan dari mulai jabatan pertama di bawah Anda. Kemudian terus tularkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. ** (SS)

SHARE