Pemakaian Treadmill yang Salah Saat Berolahraga | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Pemakaian Treadmill yang Salah Saat Berolahraga
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Pemakaian treadmill sebenarnya bermanfaat bagi Anda untuk tidak perlu melangkah jauh keliling perumahan atau pergi ke dataran tinggi untuk berolahraga. Namun jangan sampai Anda salah dalam pemakaian treadmill saat menggunakannya. Sebab masih banyak pemakaian yang salah dalam pemakaian treadmill ketika berolahraga.

pemakaian treadmill
Sport-Tiedje GmbH/wikimedia

Perlu diketahui, treadmill adalah alat yang mampu membantu untuk berjalan, berlari, bahkan berjalan menanjak tanpa berpindah tempat. Alat ini terinspirasi dari cara kerja alat penggilingan pada saat belum ditemukannya mesin. 

Di dalam dunia olahraga, treadmill digunakan untuk berlari atau berjalan di satu tempat, dengan conveyor belt yang digerakkan dengan mesin atau secara manual. Treadmill modern digunakan dengan menggunakan listrik dengan berbagai variasi.

Baca Juga: Wanita Seksi di Dunia Freestyle Soccer

Olahraga treadmill biasanya menjadi favorit orang-orang yang baru saja mulai melakukan gym. Siapa pun bisa menggunakannya tanpa perlu keahlian khusus. Namun, semudah apa pun jenis olahraganya, Anda tetap perlu tahu pedoman yang benar. Lalu apa saja pemakaian treadmill yang salah saat berolahraga?

1. Posisi Terlalu ke Depan
Jagalah posisi bahu sejajar dengan kaki. Kesalahan yang kerap dilakukan ketika pemakaian treadmill, posisi badan terlalu ke depan, dan ini sangat berbahaya. Karena dapat menyebabkan risiko cidera. Selain itu, Anda tidak akan menikmati olahraga lari saat posisi tubuh condong ke depan.

2. Terlalu Lama Berpegangan
Kebiasaan yang kerap dilakukan dalam pemakaian treadmill kedua ini adalah seringnya berpegangan pada handle treadmill. Jika belum terbiasa, mulai kurangi kebiasaan ini. Karena kecepatan menggunakan treadmill akan berubah-ubah, sehingga baiknya Anda tidak terus berpegangan pada handle treadmill. Selain itu, otot lengan dan tangan Anda juga butuh dilatih, sehingga tidak akan menyebabkan kaku pada area lengan.

3. Kecepatan yang Stagnan
Kesalahan ketidak adalah Adalah menggunakan kecepatan yang sama. Karena pada latihan lari pun dianjurkan untuk perlahan-lahan mengubah kecepatan, mulai dari kecepatan rendah hingga meningkat. Di dalam treadmill pun demikian, dianjurkan untuk mengatur kecepatan untuk melatih otot Anda.

4. Jadi Ajang Balapan Lari
Saat berada di gym, tentu menggunakan treadmill bersebelahan dengan orang lain atau bersama teman Anda yang melakukan olahraga bersama. Namun, saat bersampingan dengan teman atau pasangan Anda, lebih baik jangan terlalu merasa tertantangan yang kemudian menjadi ajang balap lari di tempat. Karena hal tersebut dapat menyiksa badan Anda sendiri. Santai saja dalam menggunakannya, fungsikan treadmill sesuai kebutuhan.

5. Tidak Melakukan Pemanasan
Nah, sebenarnya ini penting. Namun tidak sedikit melupakannya sesaat sebelum pemakaian treadmill. Padahal pemanasan dalam pemakaian alat olahraga apapun, diperlukan adanya pemanasan agar otot tidak kaget sehingga menyebabkan keram atau otot yang kejang dan akhirnya mengalami cidera.

Itulah beberapa kesalahan pemakaian treadmill saat berolahraga. Jangan sampai Anda menjadi bagian dari orang-orang yang salah dalam penggunaannya. Karena ini menyangkut pada kesehatan tubuh Anda sendiri. ** (SS) 
 

SHARE