Berbagai Jenis Kue Donat dari Seluruh Dunia - Male Indonesia
Berbagai Jenis Kue Donat dari Seluruh Dunia
MALE ID | Relax

Siapa dari kita yang belum pernah mencicipi kue donat? Rasanya sangat mustahil hal itu terjadi. Sejak zaman dahulu kala sampai era sekarang, donat merupakan salah satu kudapan yang tak lekang oleh waktu.

Penikmatnya pun sangatlah beragam. Dari remaja sampai tua, pria dan wanita, semuanya menyukai kelezatan dari kue donat. Kepopulerannya bukan cuma terbatas di tanah air kita semata, melainkan merambah ke seluruh dunia.

Beberapa donat di sejumlah negara menggunakan bahan adonan serta cara pembuatan berbeda-beda dibandingkan donat pada umumnya. Maka, donat tersebut juga memiliki cita rasa khas masing-masing yang tak tergantikan.

Lalu, apakah Anda begitu yakin sudah mencicipi segala jenis kue donat di muka bumi? Bisa jadi keyakinan Anda luntur seusai membaca penjelasan di bawah ini. Mari disimak!

Baca juga: Roti Jadul Tan Ek Tjoan: Sepotong Memori Ibukota

Sel roti (Nepal)


pxhere

Sel roti berasal dari Nepal. Proses pembuatannya diawali dengan membentuk lingkaran di tengah seperti donat biasa namun jauh lebih tipis. Alhasil, sel roti diberi predikat donat tertipis di dunia. Bagaimana soal rasa? Sangat manis dan gurih pastinya. Bahkan warga Nepal menjadikan roti ini sebagai makanan wajib pada perayaan besar di sana, contohnya Festival Dashain dan Tihaar.

Churros (Spanyol)


pxhere

Negeri kita sempat dihebohkan oleh kudapan bernama churros. Barangkali hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa churros adalah donat khas Spanyol, walaupun bentuknya panjang dan bergerigi. Resepnya ditemukan oleh para penggembala di sana kemudian diracik sedemikian rupa sampai akhirnya menjadi churros yang ada sekarang. Taburan gula halus beserta buah segar ditambah selai cokelat di atasnya dijamin memanjakan lidah Anda.

Bomboloni (Italia)


nromagna/flickr

Bomboloni berasal dari tanah Italia. Cukup unik karena tidak memiliki lubang di tengahnya. Biasanya proses finishing kue dihiasi krim dan gula, yang membuat rasanya sangat manis. Tampilannya begitu menggoda sehingga sulit bagi Anda menolak kelezatan bomboloni meski Anda sudah kekenyangan.

Koeksister (Afrika Selatan)

DO'Neil at the English language Wikipedia

Afrika Selatan memiliki donat berbentuk panjang, dikepang lalu dilumuri sirup maple. Inilah yang dinamakan koeksister. Menariknya, koeksister tidak disajikan bersama minuman hangat melainkan dengan minuman dingin seperti es buah khas negeri tersebut. Anda pasti bisa membayangkan sensasi kenikmatannya, kan?

Beignets (Perancis)


Vegan Feast Catering

Beignets memang berasal dari Perancis. Kendati demikian, kue ini menjadi hidangan penutup favorit warga New Orleans, Amerika Serikat. Berbentuk kotak dan terlihat berisi di bagian tengah, seperti kue bantal. Demi mendapatkan rasa klasik nan khas, umumnya beignets tidak ditambahkan apapun karena sudah lezat. Seiring perkembangan waktu, kue mulai diberikan tambahan cokelat dan karamel. Sementara bagi masyarakat Perancis sendiri, beignet adalah ‘teman’ pas untuk teh maupun  kopi.

Oliebol (Belanda)


pxhere

Secara tampilan, oliebol menyerupai bomboloni dari Italia. Cuma bentuknya saja yang agak lebih kecil. Bagian luarnya dilapisi gula halus. Di berbagai perayaan negara, oliebol disajikan sedikit berbeda. Yakni disiram krim fla serta taburan kismis atau kacang untuk menampilkan kesan mewah.**GP

SHARE