Bawah Laut Wakatobi, Surga Bagi Para Penyelam - Male Indonesia
Bawah Laut Wakatobi, Surga Bagi Para Penyelam
MALE ID | Relax

Bawah laut Wakatobi tidak bisa diragukan lagi. Sebagai negara kepulauan, Indonesia selalu menghadirkan wisata bahari yang mempesona. Tidak perlu diragukan lagi kalau negeri ini terus memanjakan wisatawan dengan wisata lautnya.

Salah satu surga laut yang terkenal di Indonesia adalah Taman Nasional Wakatobi. Kabupaten Wakatobi sendiri diambil dari singkatan 4 pulau utama, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Taman Nasional Wakatobi khususnya bawah laut wakatobi kian menjadi destinasi favorit untuk para pelancong karena keindahan terumbu karangnya. Bahkan keanekaragaman terumbu karang di Wakatobi melebihi Laut Karibia (50 jenis) dan Laut Merah Mesir (300 jenis) sehingga nama Wakatobi sudah merajalela hingga penjuru dunia.

Taman Nasional Wakatobi ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1, 39 juta hektar yang menyangkut keanekaragaman hayati laut dan karang yang menempati salah satu prioritas tertinggi dari konservasi laut Indonesia.

Sejatinya kekayaan Taman Nasional Wakatobi sudah terkenal di dunia internasonal sejak 1995 melalui Ekspedisi Wallacea yang menyebutkan bahwa kawasan Sulawesi Tenggara sangat kaya akan spesies koral. Berdasarkan informasi dari Direktori Wisata, Bawah laut Wakatobi menyimpan 750 dari 850 spesies koral yang ada di dunia. Jadi, bisa kamu bayangkan, bagaimana indahnya surga bawah laut yang ada di Wakatobi.

Taman Nasional Wakatobi bisa dikatakan sebagai surganya para penyelam. Karena selain melihat berbagai macam terumbu karang, kita juga bisa berenang bersama penyu, ikan pari, dan ikan paus sperma. Kawanan ikan ini akan singgah di perairan Wakatobi pada bulan November, hal itu dikarenakan di bulan tersebut, belahan bumi bagian lain akan membeku. Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang akan mengenyangkan gerombolan ikan paus.

bawah laut wakatobi
Craig D/wikimedia

Di Taman Nasional Wakatobi juga dianggap sebagai tempat bermainnya ikan Pari Manta (Manta Ray) yang tergolong ikan raksasa. Ikan ini adalah salah satu jenis ikan dengan bentuk unik yang terdapat di perairan tropis.

Secara umum perairan lautnya memiliki konfigurasi dari mulai datar sampai melandai ke laut, dan beberapa daerah yang bertubir curam. Kedalaman airnya juga bervariasi, bagian terdalamnya mencapai 1.044 meter dengan dasar perairan berpasir dan berkarang. Sedikitnya terdapat 25 buah gugusan terumbu karang yang mengelilingi pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km. Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili 83 jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi sangat tinggi.

Secara spesifik Taman Nasional Kepulauan Wakatobi dikelilingi pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km serta obyek wisata pantai dan tersebar di seluruh wilayah Wakatobi sangat potensial untuk dikelola. Jadi, bukan tanpa alasan jika kawasan pantai di wilayah ini sangat cocok untuk wisata seperti diving, snorkeling, berenang, dan memancing. ** (SS)

SHARE