Pria Memilih Tidur Setelah Bercinta, Apa Sebabnya? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Pria Memilih Tidur Setelah Bercinta, Apa Sebabnya?
Gading Perkasa | Sex & Health

Biasanya para pria selalu tidur setelah bercinta dengan pasangannya. Hal ini tak ayal membuat sang wanita merasa kesal dibuatnya. Pasalnya, wanita masih ingin bermesraan atau menghabiskan waktu untuk mengobrol berdua.

tidur setelah bercintaPhoto by Adi Goldstein on Unsplash

Rupanya, kebiasaan tersebut dilakukan pria bukan dilandasi atas keinginan sendiri. Tetapi karena ada banyak faktor yang terjadi pada tubuhnya, sehingga kebanyakan pria selalu tidur setelah bercinta. Dari sejumlah penelitian, ditemukan fakta bahwa seorang pria akan merasakan lelah sedemikian hebatnya usai kegiatan bercinta berlangsung.

Berkaitan akan hal tersebut, berikut ini terdapat sedikit penjelasan terkait faktor-faktor yang menyebabkan pria langsung terlelap. Antara lain:

Baca juga: Jenis Disfungsi Seksual yang Wajib Diketahui Pria

Seks Selayaknya Melakukan Olahraga
Sejatinya, hubungan seks adalah kegiatan fisik berat yang menguras tenaga selayaknya berolahraga. Sebagaimana telah diketahui bahwa pria akan lebih banyak bermanuver dibandingkan wanita terutama saat melakukan penetrasi seks dan meraih orgasme. Faktor inilah yang kemudian menyebabkan pria merasa lelah dan tak bisa melawan tubuhnya untuk segera tidur.

Hormon Vasopressin
Hormon vasopressin memiliki peranan penting pada proses homeostatis. Yaitu keseimbangan organ di dalam tubuh. Di samping itu, hormon ini juga mengakibatkan pembuluh darah semakin kencang. Proses pelepasan hormon di dalam otak paska hubungan seks membuat tubuh terasa lebih rileks. Kantuk pun datang dan sulit dihindari.

Hormon Oksitosin
Sering disebut-sebut sebagai hormon asmara, hormon oksitosin akan dilepaskan oleh tubuh usai pria mendapatkan orgasme. Sama seperti hormon vasopressin di atas, dampaknya kepada tubuh yaitu rileks dan lemas bertumpuk.

Produksi Nitric Oxide
Rasa tenang dan nyaman sehabis berhubungan seks dengan pasangan akan diperoleh pria melalui produksi nitric oxide oleh Mr. P. Akibatnya, Anda terdorong segera memejamkan mata.

Hormon Prolactin
Tubuh juga memproduksi hormon prolactin. Dimana semakin meningkatkan rasa kantuk pada pria. Kala hormon prolactin terlepas, berbagai cara yang Anda coba untuk terjaga sulit membuahkan hasil.

Sebenarnya, ada cara yang dapat Anda lakukan agar tidak merasa mengantuk dan langsung tidur setelah bercinta. Yakni dengan meningkatkan hormon dopamin untuk mengurangi kadar hormon prolactin di dalam tubuh dan membangitkan mood positif. Anda bisa mendapatkannya dari konsumsi ikan yang mengandung magnesium, selenium dan zinc. Kemudian bercintalah seperti biasa dan lihat perbedaannya pada tubuh Anda.**GP

SHARE