Negara San Marino yang Wajib Dikunjungi, Mengapa? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Negara San Marino yang Wajib Dikunjungi, Mengapa?
Gading Perkasa | Relax

Jika Anda melihat atlas dunia, barangkali negara San Marino nyaris tak terlihat secara kasat mata. Wajar saja, karena San Marino diberi predikat sebagai salah satu negara terkecil seantero jagat. Negeri yang ‘dikelilingi’ hamparan keindahan panorama tanah Italia ini juga jarang mendapat sorotan dari media.


Max_Ryazanov

Luas wilayah negara San Marino yaitu 23,6 mil persegi atau setara 61,1 km persegi. Artinya, hanya seluas kota Banda Aceh atau setengah dari luas Kotamadya Jakarta Barat. Jumlah penduduknya pun terbilang sedikit. Alhasil, jarang ada turis tertarik berkunjung ke San Marino.

Namun di balik itu semua, banyak sekali potensi keindahan yang ditawarkan di sana. Mulai dari sektor pariwisata, bangunan bersejarah, wisata kuliner dsb. Yakin Anda tidak tertarik menjadikannya sebagai destinasi liburan bersama pasangan? Inilah sejumlah alasan mengapa Anda harus bin wajib mengunjungi negara San Marino.

Baca juga: Mengunjungi Belanda, Sempatkan Mampir ke Kota ini

Memiliki Nilai Historis
San Marino didirikan pada abad ke-4 dan menjadi salah satu republik tertua di dunia. Di saat kota-kota lain di Eropa terus berkembang dan mengikuti zaman, San Marino tetap bertahan melawan arus. Bahkan ibukotanya, yang notabene juga bernama San Marino dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO, berhiaskan tiga benteng dan bukti masa lalu yang dipenuhi pergolakan.

Bangunan Arsitektur Megah

Cezar Suceveanu
Wisatawan lokal ataupun mancanegara dapat menghabiskan waktunya menyusuri ibukota paling bersejarah tersebut. Seperti Teater Titano atau Basilika yang dibangun pada abad ke-19. Menuju pusat kota, berdiri kokoh Palazzo Publlico dan Florence’s Palazzo Vecchio bergaya arsitektur penuh pesona.

Kuliner Lezat
Segala bentuk gaya masakan ala Italia Utara berlaku di sini. Entah makanan laut, hidangan pasta dan daging selalu menyeimbangkan kesegaran dengan bahan lokal. Hidangan favorit San Marino adalah Piada, seperti Piadina dari wilayah Emilia-Romagna di Italia. Tidak lupa ditemani anggur terbaik yang diawetkan di gua-gua dalam suhu optimal selama hampir dua ribu tahun.

Keindahan Panorama
Kecilnya negara bukan berarti tidak ada pemandangan menarik sama sekali. Ada Gunung Titano disertai landscape yang menawarkan keindahan panorama hingga ke Laut Adriatik. Anda bisa menaiki gondola dari kota Borgo Maggiore menuju pusat bersejarah dan nikmati suguhan yang sulit diperoleh di belahan dunia lain.

Negara Bebas Pajak
Kebijakan bebas pajak di San Marino membuat Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ketika berbelanja. Harga barang-barang jauh lebih murah. Keramik modern abad pertengahan bisa menjadi pilihan tersendiri bagi para kolektor. Di samping itu, perangko akhir abad ke-19 juga sayang dilewatkan.**GP

SHARE