Fungsi LED Flash yang Masih Jarang Dimanfaatkan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Fungsi LED Flash yang Masih Jarang Dimanfaatkan
Gading Perkasa | Digital Life

Ketika pengguna smartphone ditanyai perihal fungsi LED Flash pada perangkatnya, mayoritas orang hampir dipastikan memberikan jawaban yang sama: menerangi objek foto atau sebagai senter. Kami yakin Anda juga akan menjawab demikian. Padahal banyak fungsi bermanfaat bagi para penggunanya.

fungsi led flash
Gabriele Barni/Flickr.com

Memang benar bahwa lampu flash pada smartphone sangat potensial demi memancarkan cahaya tambahan saat mengambil gambar di ruangan minim penerangan. Pendaran sinarnya juga membantu menghilangkan bayangan dari objek foto. Sederhananya, fungsi LED Flash selayaknya sebuah ‘senter portable’ yang bisa dengan mudah dibawa kemana saja.

Di samping itu, keberadaan lampu kecil di samping lensa kamera smartphone ini tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan berguna dalam kehidupan Anda sehari-hari di luar urusan fotografi. Inilah fungsinya.

Baca juga: Kamera Smartphone, Miliki Fungsi Lain Selain Fotografi

Notification Reminder
Pada sebuah smartphone, biasanya ada lampu khusus yang menyala saat sebuah notifikasi masuk. Sayangnya setelah membuka layar smartphone lampu tersebut tidak lagi menyala sehingga terkadang ada notifikasi yang terlupakan. Nah, dengan adanya aplikasi Flash Notification di Android, Anda mudah mengatur LED Flash sebagai notification reminder.

Proyektor
Berada di alam terbuka sangatlah menyenangkan. Namun, rasa bosan bisa timbul manakala di malam hari Anda sulit tidur sedangkan smartphone tak ada sinyal di tempat yang Anda datangi. Cobalah bunuh rasa bosan melalui eksperimen sederhana, yakni menjadikan LED Flash sebagai sebuah proyektor. Caranya? Proyeksikan gambar dari foto yang telah dicetak menggunakan cahaya flash. Utamakan foto landscape atau bangunan bersejarah agar foto terkesan lebih ‘hidup’.

Senter Darurat
Sedikit berbeda dari fitur built in flashlight, aplikasi Tiny Flashlight berfungsi menjadikan LED Flash sebagai senter darurat dalam kondisi tertentu. Misalnya saja Anda terjebak di tempat berbahaya. Gunakan saja kirimkan sandi darurat berupa kode SOS atau morse. Yang membuatnya semakin menarik, aplikasi ini secara otomatis mampu menerjemahkan kata-kata biasa menjadi kode morse.

Mengukur Detak Jantung
Membutuhkan alat untuk mengukur detak jantung Anda? Tentu bisa, karena sudah ada aplikasi canggih dimana membantu pengguna smartphone menghitung detak jantung hanya bermodalkan LED Flash. Aplikasi tersebut bernama Instant Heart Rate. Cara kerjanya yakni memantau perubahan warna dan kecepatan aliran darah.

Setelah membaca artikel kali ini Anda mulai paham bahwa fungsi LED Flash bukan cuma diperlukan dalam fotografi. Fitur lain juga tidak kalah penting, bukan?**GP

SHARE