Adegan Kontroversi Perfilman Animasi Hollywood | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Adegan Kontroversi Perfilman Animasi Hollywood
Gading Perkasa | News

Di antara jutaan peredaran film dari seluruh penjuru dunia, seringkali kita jumpai film yang menampilkan adegan kontroversi. Hal itu meliputi propaganda politik, praktik kekejaman, sesuatu yang bertentangan dengan norma-norma tertentu serta masih banyak lagi. Tak jarang pihak pembuat film mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Lantas bagaimana jadinya apabila adegan kontroversi justru menyerbu film berjenis kartun atau animasi? Seperti yang telah diketahui, segmen penonton film kartun sebagian besar adalah anak-anak. Walau tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga senantiasa tertarik, termasuk Anda sekalipun.

Alhasil, banyak episode film animasi dilarang tayang di beberapa negara. Alasan paling mendasar yaitu kandungan unsur negatif di dalamnya, dimana sangat tidak sesuai dengan target penonton yang disasar. Seperti apa kiranya episode tersebut? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Adegan Pertarungan Seru di Film Layar Lebar Asia

Worship Satan (Winnie The Pooh)


Sam Howzit/flickr

Dari judulnya saja Anda sudah dapat membayangkan bahwa episode film ini sarat akan kontroversial. Winnie, seekor beruang madu yang menjadi tokoh utamanya diceritakan sedang menyembah setan di dalam cermin. Komentar negatif berdatangan sehingga episode Worship Satan dilarang tayang.

You Are a Sap Mr. Jap (Popeye the Sailorman)


Jean Pierre Gallot/flickr

Popeye the Sailorman sukses mendoktrin kita dan anak-anak generasi muda untuk memakan bayam agar kuat seperti sang karakter utama, Popeye. Akan tetapi, salah satu episode berjudul You Are a Sap Mr. Jap (1942) benar-benar tidak pantas ditonton. Menampilkan scene dimana Popeye mengejek dua orang pelaut yang menggunakan bahasa Jepang. Sontak Jepang menganggapnya sebagai sebuah hinaan dan episodenya dilarang beredar di sana.

His Mouse Friday (Tom and Jerry)


Courtesy Youtube

Di tempat selanjutnya ada episode His Mouse Friday dari film kartun Tom and Jerry. Bercerita tentang suku kanibal yang memakan sejenisnya. Dikecam di banyak negara, pihak pembuat film tak berhenti melakukan proses editing dan menghilangkan sejumlah adegan. Namun episode ini tetap dicekal karena khawatir membawa dampak buruk di kemudian hari.

Der Fuehrer Face (Donald Duck)


Courtesy Youtube

Tokoh utama film kartun Donald Duck yakni seekor bebek bernama Donald memiliki suara khas yang sangat lucu, sehingga film mulai disukai masyarakat dan seolah nyaris tanpa cela. Benarkah? Dalam episode bertajuk Der Fuehrer Face, para penonton menyebutnya sebagai episode paling santer menonjolkan propaganda perang. Bagaimana tidak, Donald dikisahkan bergabung dengan partai Nazi untuk bekerja di bawah Adolf Hitler serta mengacungkan tangan ke depan sembari meneriakkan “Heil Hitler!” berkali-kali. Di samping itu, banyak kata-kata bernada rasis di dalamnya. Sampai sekarang episode Der Fuehrer Face dilarang tayang di televisi.**GP

SHARE