Platform Desain UX yang Sering Digunakan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Platform Desain UX yang Sering Digunakan
Sopan Sopian | Digital Life

Sekarang aktivitas semua dilakukan pada sebuah gawai, begitupun platform desain UX atau yang dimaksud desain user experience (UX). Semakin canggih sebuah teknologi ponsel, UX di ranah mobile pun semakin berkembang pesat.

pltaform desain UXPhoto by Štefan Štefan?ík on Unsplash

Bagi Anda yang baru belajar tentang UX dengan simpel dan otodidak. Anda bisa menggunakannya platform desain UX mudah yang telah dikemabangkan untuk dunia mobile. Namun sepebelumnya perlu diketahui, User Experience Design atau yang biasa disebut desain user experience UX yaitu adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Mudahnya, desain UX adalah proses membuat sebuah website atau aplikasi yang Anda buat menjadi lebih mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika dipakai oleh pengguna.

Perkembangan pesat desian UX pada ranah mobile ini semakin banyaknya platform yang dapat digunakan. Nah, untuk mengenal platform desain UX, mengutip dari berbagai sumber, berikut platform yang kerap digunakan oleh para desainer UX di dunia mobile.

1. Appsee
Appsee adalah solusi analitik kuantitatif yang dapat membantu mengukur dan memahami pengalaman pengguna lebih baik. Fitur user session recording dan touch heatmap akan menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi Anda, sehingga dapat menemukan kekurangan dalam pengalaman pengguna. Gunakan platform ini untuk merancang UX yang terbaik.

2. UXPin
UXPin menawarkan platform desain UX full-stack yang memfasilitasi kolaborasi gesit dalam tim desain. Di sini, Anda bisa merancang, membagi, dan menguji coba prototipe serta mengumpulkan feedback dari setiap anggota tim. Selain itu, dapat mengubah desain dari Sketch atau Photoshop menjadi prototipe di dashboard UXPin.

3. InVision
Dengan InVision, Anda bisa mendesain lebih cepat dan berkolaborasi lebih mudah. Keberadaan ruang untuk menyimpan, membagi, serta mendiskusikan ide desain akan membuat proses perancangan UX dalam proyek lebih menyenangkan. Pastikan tim Anda dapat berkomunikasi secara real time dengan menggunakan InVision.

4. Proto.io
Proto.io adalah aplikasi yang didedikasikan khusus untuk membuat prototipe mobile. Meskipun berwujud prototipe, Anda bisa membuatnya terasa seperti produk jadi sungguhan dan memastikan tampilan serta UX terbaik. 

5. Sketch
Para desainer UX yang menyukai Mac, Sketch menjadi solusi pilihan. Karena dapat menggunakan Sketch untuk merancang situs web, ikon, serta antarmuka mobile. Sketch memiliki berbagai fitur unik, seperti Precision, The Inspector, Mirror, dan lain sebagainya. ** (SS)

SHARE