Tak Cuma Cantik, 3 Wanita Muda Ini Adalah Menteri | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tak Cuma Cantik, 3 Wanita Muda Ini Adalah Menteri
Sopan Sopian | Story

Tidak banyak wanita muda, ditambah lagi cerdas dan cantik. Lengkap sudah sebagai wanita sempurna. Di usia di bawah 30 tahun, wanita-wanita ini berhasil membuktikan usia tidak dapat mengukur kecerdasan dan pengalaman untuk duduk di pusaran pemerintahan.

Mata pria mana yang tidak mengagumi melihat wanita muda dengan kecerdasan yang gemilang dan didukung pula dengan fisiik yang cantik. Sepertinya sempurna untuk seorang wanita. 

Di Indonesia, tentu mengenal menteri-menteri wanita, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Kemudian ada Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Luar  Negeri Retno LP Marsudi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Namun, ke delapan menteri wanita di Indonesia adalah senior dan memiliki pengalaman yang mumpuni baik deri segi ilmu maupun kepemimpinannya. Lalu siapa saja wanita muda yang menduduki kabinet di pemerintahan sebagai menteri dibelahan dunia yang dimaksud?

1. Aida Hadzialic

wanita muda
Frankie Fouganthin/wikimedia
Aida Hadzialic menjadi menteri termuda dalam kabinet di Swedia. Sebagai menteri termuda, ia menduduki jabatan sebagai Menteri Meengah Sekolah Menangah Atas, Pendidikan Dewasa dan Pelatihan sejak Oktober 2014 silam. Sayangnya, ia tidak menjabat lama. Karena menyetir dalam keadaan mabuk, Aida terpaksa melepas jabatan pentingnya tersebut. Padahal ia menjadi pusat perhatian dunia sebagai menteri termuda.

2. Klajda Gjosha

wanita muda
Bundesministerium für Europa, Integration und Äusseres/wikimedia
Usianya cukup muda yakni 29 tahun saat dilantik menjadi Menteri Integrasi Eropa Republik Albania, dan Wakil Ketua Gerakan Sosialis untuk Integrasi (LSI) tahun 2013 lalu. Sebelum akhirnya terpilih, Klajda Gjosha bekerja selama tiga bulan sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja, Urusan Sosial dan Kesempatan Setara di pemerintahan Sali Berisha, sampai LSI tak lagi ada di koalisi pemerintahan.

3. Shamma bin Suhail bin Faris Al Mazrui

Shamma bin Suhail bin Faris Al Mazrui, asal Uni Emirat Arab (UEA) memikat perhatian publik dengan kharisma dan kecerdasan yang dimiliki. ia menjadi perhatian dunia setelah tercatat di Guinness Book of World Records sebagai menteri termuda di dunia. 

Shamma diberi tanggung jawab untuk merepresentasikan isu pemuda juga aspirasi di Dewan Menteri, menetapkan rencana serta strategi pengembangan untuk meningkatkan kemampuan pemuda di berbagai bidang. ** *(SS)

SHARE