Negeri Zimbabwe, Pesona Panorama di Tengah Polemik - Male Indonesia
Negeri Zimbabwe, Pesona Panorama di Tengah Polemik
MALE ID | Relax

Belum lama ini negeri Zimbabwe ramai dibicarakan di media internasional. Negeri yang terletak di sisi selatan benua Afrika ini memang tengah dilanda krisis politik paska Presiden Robert Mugabe mundur dari jabatannya. Ia didesak turun oleh rakyat Zimbabwe karena terindikasi melakukan korupsi selama 37 menjabat sebagai Presiden.

Alhasil, sektor pariwisata pun menjadi korban. Misalnya saja tahun 2016 lalu, sebanyak 2,2 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Zimbabwe. Jumlahnya kian menurun sepanjang tahun ini. Banyak turis enggan datang lantaran khawatir dengan polemik berkepanjangan di sana.

Terlepas dari itu semua, sejumlah daerah di negeri Zimbabwe memiliki kekayaan alam dan keindahan panorama mengagumkan yang belum banyak diketahui publik. Benarkah demikian?

Betul sekali. Apabila Anda sedang merencanakan liburan maka tidak ada salahnya mengunjungi negeri berpenduduk sebanyak 16 juta jiwa tersebut. Seperti dikutip dari situs resmi badan pariwisata setempat, berikut adalah objek wisata di Zimbabwe. Antara lain:

Baca juga: Pesona Benua Hitam di Tanah Etiopia

Harare


Croquant

Anda bisa mengawali dari Ibu kota lebih dahulu. Mengikuti berbagai kegiatan mengenal kearifan lokal, mengunjungi museum dan masih banyak lagi. Jangan lupa mencicipi bubur khas Zimbabwe yang disajikan lengkap dengan sayuran dan lauk pauk, Sadza. Ingin bersantai? Ada bir lokal Chibuku atau Shake-shake untuk Anda nikmati.

Great Zimbabwe


Simonchihanga

Berada di Masvingo, Great Zimbabwe merupakan reruntuhan kuno bersejarah. Turis lokal maupun wisatawan mancanegara bisa mengetahui sejarah panjang berdirinya pemerintahan di benua hitam.

Air terjun Victoria


Gary Bembridge/flickr

Air terjun Victoria disebut-sebut sebagai salah satu air terjun terbesar di dunia bahkan mengalahkan air terjun Niagara di benua Amerika. Pemandangan indah serta derasnya aliran air menjadi suguhan utama bagi setiap turis yang datang. Air terjun ini mengaliri hutan hujan di sana, dimana beragam makhluk hidup bergantung olehnya.

Danau Kariba


Aristocrats-hat

Aliran air sungai Zambezi adalah sumber pengairan danau Kariba. Setali tiga uang dengan air terjun Victoria, danau Kariba juga menjadi sumber kehidupan flora dan fauna di alam Zimbabwe. Para turis bisa mendayung perahu sembari memancing ikan.

Hwange National Park


Jurgen Kehrberger

Rasanya kurang afdol berwisata ke benua Afrika jikalau Anda belum mendatangi salah satu taman nasionalnya. Hwange National Park menawarkan ratusan jenis flora dan fauna khas tanah Afrika. Anda dapat mengabadikan hewan-hewan tersebut dalam jepretan kamera.**GP

SHARE