Kalahkan Rasa Malas di Awal Minggu - Male Indonesia
Kalahkan Rasa Malas di Awal Minggu
MALE ID | Works

Rasa malas di Senin pagi atau Monday blues menjadi permasalah yang kerap terjadi. Setiap karyawan yang tidak memiliki trik untuk mengatur mood dan waktu pasti memiliki masa di mana rasa malas di Senin pagi melanda.

rasa malas di senin pagi
max Pixel

Ya, pengaturan waktu menjadi salah satu kuncinya. Setiap akhir pekan menjadi daya tarik tersendiri untuk bergadang, menghabiskan waktu bersama teman-teman atau menggali hobi untuk kepuasan batin di luar pekerjaan. Itu juga yang menjadi salah satu permasalahan rasa malas di Senin pagi melanda. 

Saat pengaturan waktu itu buruk dan menjadi kebiasaan diakhir pekan. Tinggal tunggu waktunya rasa malas untuk membuka mata dan ingin menambah hari libur itu menyerang. Kasur, televisi, dan berleha-leha menjadi godaan terberat untuk siap bertempur di meja kerja.

Apalagi di Hari Senin, pekerjaan sudah mengintai di pikiran. Kebencian dan ketakuan pada Hari Senin akan menjadi-jadi. Jika Anda kerap terserang rasa seperti ini, baiknya Anda cepat-cepat mencari solusinya. 

1. Bikin Rencana Besar
Rilekskan pikiran Anda. Bikin renca besar setiap harinya. Jangan datang ke kantor dengan pikiran kosong. Perencanaan ini akan mengurangi Monday blues Anda. Kemudian selesaikan di awal waktu jika Anda memiliki tanggungan kerja yang sulit. Sehingga Senin Anda akan ditutup dengan lebih ringan. Lakukan ini setiap pekan.

2. Tidur Cukup
Kalahkan rasa masalah di Senin pagi dengan mengatur jadwal tidur Anda. Berilah waktu rileks lebih awal pada Minggu malamnya. Sehingga Senin pagi Anda dapat bangun lebih pagi dengan perasaan nyaman. 

Jika Anda memaksakan untuk bergadang di Minggu malam, Anda akan merasakan tubuh lebih berat pada Hari Seninnya. Terbangun lebih awal di Senin pagi dan melakukan olahraga ringan, akan membuat Anda lebih fresh dan semangat untuk menyambut pekerjaan di kantor. 

3. Grooming
Semangatkan diri Anda dengan berdandan atau grooming. Bersihkan apa yang melekat pada tubuh Anda. Semprotkan parfum favorit pada pakaian terbaik Anda. Jika tidak, belilah pakaian baru untuk bekerja untuk menjaga mood. Karena, pakaian terbaik dapat membantu Anda membangun kepercayaan diri di Kantor. Apalagi Anda mendapat pujiaan bukan?

4. Identifikasi Masalah
Hal paling penting kalahkan rasa malas di Hari senin adalah identifikasi masalah pada diri Anda. Jika Anda kerap mengalami Monday blues, ini pertanda Anda tidak bahagia di tempat kerja Anda. Anda harus memilih. Antara berdiam diri dengan penderitaan atau memilih mencari pekerjaan baru.

Untuk mengidentifikasi masalah yang mendasari ketakutan Anda, pertama buatlah daftar hal-hal yang membuat Anda terganggu di kantor. Apakah itu rekan kerja yang bersikap buruk? Atau mungkin  rapat pagi yang selau membebani? Dengan mengidentifikasi hal yang mengganggu di kantor, maka Anda akan mencoba untuk aktif dalam menemukan solusinya.

5. Matikan Ponsel atau Koneksi Lain Pada Akhir Pekan
Matikan ponsel atau koneksi lain seperti email dan lainnya yang dapat terhubung dengan kantor di akhir pekan. Mulailah membiasakan ini pada setiap hari jumat. Sehingga saat Anda keluar dari kantor untuk menyambut akhir pekan dengan nyaman. Tinggalkan masalah di tempat kerja, fokus saja untuk menikmati akhir pekan. Jika terus memikirkan pekerjaan, Hari Minggu akan terasa lebih cepat. Dan Senin menjadi momok yang menakutkan! ** (SS)

SHARE