5 Wisata dari Kota yang Terabaikan - Male Indonesia
5 Wisata dari Kota yang Terabaikan
MALE ID | Relax

Sejauh mata memandang, Asia masih memiliki kota yang terabaikan mata dengan wisata yang menakjubkan, khususnya di Asia Tengara. Tempat-tempat di kota terabaikan ini tentu akan membawa Anda pada sebuah kenikmatan sendiri saat orang lain berbondong-bondong ke destinasi wisata yang populer.

Kenikmatan yang dapat Anda rasakan, selain puas karena belum banyak tahu. Anda juga berkesempatan menjadi salah satu orang yang melihat destinasi wisata yang belum orang lain tahu. Asal Anda tahu, wisata di kota yang terabaikan ini, berada di negara yang sebenarnya popular di Asia Tenggara.

Lalu, apakah Indonesia memiliki kota yang terabaikan mata dengan wisata yang menakjubkan? Salah satu traveler sekaligus aktor Indonesia Ramyon Y Tungka menyebutkan, di Indonesia, masih banyak destiansi yang masih "perawan". "Tapi aku nggak mau nyebutin di mana," kata dia.

Ramon mengatakan, tidak masalah dirinya disebut pelit. Biarkan orang-orang mencari sendiri. Pasalnya, ia kesal dengan apa yang menjadi kebiasaan sebagian orang Indonesia saat berwisata. "Masalahnya orang Indonesia itu kalau datang ke tempat wisata banyak yang nyampah (buang sampah sembarangan). Dulunya (tempat wisata) bagus, sekarang jadi kayak tempah sampah,"  tutur Ramon.

Berangkat dari hal tersebut, berikut lima destinasi wisata dari kota yang terabaikan mata. Salah satunya ada di Indonesia.

1. Nan, Thailand

Pixabay.com
Nan berada di Thailand Utara. Nan menjadi salah satu kota yang terabaiakan. Padahal di kota ini pernah menjadi kerajaan otonom. Dikenal sebagai Chiang Klang (Kota Tengah) di abad ke-14, Nan adalah bagian dari Lan Na Thai Kingdom, dan utama pit-stop antara Chiang Mai (New City) dan Chiang Thong. 

Warisan unik nan dibuat abadi dengan lukisan mural yang menghiasi banyak kuil, salah satunya yang utama adalah kuil kono Wat Phumin. di Nan juga ada sebuah ruang seni, yaitu Nan Riverside Gallery. Ruang seni dua lantai yang menampilkan karya seni kontemporer Thailand, dilengkapi dengan kafe anggun yang berada di taman. 

2. Dawei, Myanmar

kota yang terabaikan
Bundit Sincharoen/Wikimedia

Dawei adalah permata ketenangan - dan salah satu kota terbersih di negara itu. Dipisahkan laut oleh semenanjung sempit yang dipenuhi pantai yang masih "perawan". Dawei berada di sebelah sungai eponymous yang bermuara ke sebuah muara bakau.

Dawei masih memiliki beberapa bangunan kolonial terbaik dan masih terawat. Selain arsitektur tersebut, daya tarik wisata di kota yang terabaikan mata ini adalah pantai. 

Maungmagan salah satunya. Pantai ini yang paling dekat dengan kota Dawei dan populer oleh penduduk setempat. Selain itu, dari lepas pantai Kepulauan Moscos, ada suaka margasatwa kecil, masih terlarang bagi wisatawan.jauh ke utara. 

3. Sandakan, Malaysia

kota yang terabaikanUwe Aranas/wikimedia
Mungkin akan tidak akan langsung terpukau pada pandangan pertama saat sampai di sandakan. Karena Sandakan dahulu adalah kota yang benar-benar hancur oleh serangan udara Jepang selama Perang Dunia II. Sandakan juga dahulu pernah disebut sebagai Elopura. Kini Sandakan berubah menjadi kota yang "berbeton" dengan cluster-nya dan disebut sebagai kota baru. 

Namun, masih ada pasar yang memiliki banyak pesona. Di mana, pasar di Sandakan menjajakan makanan laut yang sangat murah. Sisa sejarah di Sandakan berada di bukit-bukit tepat di belakang pusat kota. Di atas bukit, bekas rumah penulis Amerika Agnes Keith (penulis yang menulis tiga buku tentang kehidupan di Sandakan sebelum dan di bawah pendudukan Jepang). Sekarang menjadi museum anggun dengan banyak barang-barang antik dan alat kelengkapan asli. 

Tinggal-lah lebih lama di sini. Anda akan menemukan pemandangan Teluk ketika senja tiba, di mana matahari terbenam dengan indahnya. Di Sandakan juga masih memiliki alam liar. Beberapa kilometer ke pedalaman, Anda akan bertemu dengan orangutan di Sepilok Pusat Rehabilitasi dan melihat beruang madu yang berada di pusat konservasi. 

4. Banda Neira, Indonesia

kota yang terabaikanGeorg Holderied/wikimedia
Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, dan merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 6 desa, yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali, dan Tanah Rata.

Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli dunia, karena Kep. Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19. Kota modernnya didirikan oleh anggota VOC, yang membantai penduduk Banda untuk mendapatkan palanya pada tahun 1621 dan membawa yang tersisa ke Batavia (kini Jakarta) untuk dijadikan budak.

Dinaungi oleh kerucut vulkanik Gunung Api, menjadi salah satu tantangan untuk mencapai kota ini. Berangkat dari sejarah tersebut, kota ini menjadi bagian kecil destinasi wisata para traveler. Wisatawan Intrepid datang ke sini untuk situs yang sangat baik dan uncrowded menyelam, serta snorkeling di lepas pantainya. 

5. Davao, Filipina

kota yang terabaikan
Scorpious18/Wikimedia 
Selain itu, di sini ada Gunung Hamiguitan dengan cagar alam yang baik untuk hiking trails. 20km sebelah timur kota Davao Oriental ada sebuah pantai yang indah dengan pasir putihnya yang menakjubkan. Di musim panas, ada sebuah festival di kota yang terabaikan mata ini.Ssebuah dansa elektronik festival musik tahunan yang menarik ribuan orang, atau Kadayawan Festival, perayaan berwarna-warni untuk merayakan panen. ** (SS)Kota kelahiran kontroversial Presiden Duterte ini adalah kota memiliki keramahan penduduk yang baik. Ditambah wisatanya yang tentu menakjubkan. Pergilah ke titik puncak Barangay Badas. Anda akan melihat pulau-pulau Filipina berbentuk paling unik. 

SHARE