Kerja Lebih Produktif dengan Beberapa Cara - Male Indonesia
Kerja Lebih Produktif dengan Beberapa Cara
MALE ID | Works

Pada dasarnya, setiap orang ingin kerja lebih produktif. Khususnya di bidang yang mereka sukai. Tetapi tak jarang, sampai dengan matahari terbenam penanda jam kerja telah habis, Anda masih berkutat pada pekerjaan yang menumpuk dan memaksa Anda lembur.

kerja lebih produktif
pexels.com

Di sisi lain, rekan satu kantor tengah bersiap-siap mengakhiri pekerjaan mereka dan bergegas pulang. Bukan tidak mungkin Anda merasa iri karenanya. Ditambah lagi kerjaan baru selesai pada larut malam sementara Anda harus kembali berangkat ke kantor keesokan paginya. Ritme bekerja seperti inilah yang membuat banyak karyawan dilanda stres.

Namun semua itu dapat diubah dengan cara mengubah pola kerja dan manajemen waktu. Berikut adalah sejumlah tips supaya Anda mampu kerja lebih produktif dan melalui hari tanpa rasa jemu. Antara lain:

Baca juga: Kegiatan Positif Hilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

Sarapan Terlebih Dahulu
Seringkali orang mengabaikan sarapan sebelum bekerja. Atau terpaksa sarapan setelah tiba di kantor. Hal ini berpotensi mengganggu pekerjaan. Anda tidak benar-benar fokus bekerja ketika sedang memegang sendok di tangan sembari membereskan dokumen. Menikmati makanan pun menjadi sulit. Mulai besok, pentingkan sarapan terlebih dahulu di rumah, baru beraktivitas.

Membatasi Waktu untuk Diri Sendiri
Sedari sekarang biasakan paksa diri Anda sendiri supaya bisa bekerja tanpa gangguan sedikitpun dalam batas waktu yang telah ditentukan. Misalnya saja dalam kurun waktu satu jam, gunakan waktu bekerja selama 50 menit, sisihkan 10 menit untuk Anda beristirahat. Entah minum secangkir kopi, tidur sejenak dsb. Ulangi ritme 50-10 agar pikiran semakin rileks.

Merancang Daftar Kegiatan
Cara kerja lebih produktif selanjutnya, mulai merancang daftar kegiatan dimana tujuannya bersifat jangka panjang atau biasa disebut skala prioritas. Menurut Charles Duhigg, penulis buku Smarter Better Faster: The Secrets of Being Productive in Life and Business, sebaiknya tugas sehari-hari mempunyai lima poin. Yakni spesifik, terukur, dapat dicapai, jadwal yang jelas dan realistis.

Awali dari Tugas yang Paling Anda Bayangkan
Tidak sedikit orang malas menyelesaikan tugas paling menyita pikiran di kepala mereka. Percayalah, paling ideal adalah Anda ‘berperang’ melawan tugas berat tersebut. Setelah pekerjaan selesai, tekanan akan berangsur-angsur menurun dan membuat Anda lebih santai.

Minum Kopi di Waktu Tertentu
Solusi cepat untuk menjaga energi tetap stabil adalah kafein. Kendati demikian, Anda akan merasa kelelahan paska efeknya terhenti. Baiknya Anda minum kopi ketika mengerjakan tugas paling berat, jangan setiap saat.**GP

SHARE