Tethering dan Hotspot, Pahami Perbedaannya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tethering dan Hotspot, Pahami Perbedaannya
Gading Perkasa | Digital Life

Koneksi internet gratis tentu sangat disukai oleh banyak orang khususnya generasi milenial, dimana mereka seringkali mencari koneksi melalui tethering atau hotspot. Maka tidak menutup kemungkinan apabila Anda juga melakukan kebiasaan ini. Pertanyaannya, sudahkah Anda mengetahui perbedaan di antara keduanya?

tethering dan hotspot
pexels.com

Penggunaan internet mustahil dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan menjadi kebutuhan yang tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan. Satu hari tanpa internet membuat kita mati kutu akibat ketinggalan informasi dan sulit bersosialisasi di dunia maya.

Kembali ke topik, berbicara mengenai tethering dan hotspot rupanya masih ada saja orang menganggapnya sama atau memiliki arti identik. Keduanya memang sangat berkaitan. Kendati demikian, dua istilah ini punya arti yang bertolak belakang.

Berikut adalah penjelasan singkat bagi Anda yang belum paham perbedaan antara tethering dan hotspot. Mari disimak!

Baca juga: Aplikasi Penyelamat Kuota Internet Anda

Tethering
Tethering dapat diartikan sebagai memanfaatkan sebuah perangkat untuk mengakses internet dalam perangkat seperti smartphone atau komputer. Singkatnya, Anda meminjam koneksi internet dari perangkat lainnya. Anda bisa melakukan tethering melalui beberapa cara. Dari menyambungkannya ke jaringan Wi-Fi, bluetooth serta menggunakan kabel USB. Istilah ini sering digunakan pada jangkauan area terbatas (radius 10 meter) dan jumlah perangkat yang terbatas pula.

Hotspot
Rasanya istilah berikut sudah akrab di telinga dan populer di kalangan pengguna internet. Berbagai tempat serta fasilitas umum juga menyediakan hotspot demi kenyamanan para pengunjung. Entah itu kafe, rumah makan, taman atau pusat perbelanjaan. Hotspot sendiri memiliki arti penyedia akses internet yang terkoneksi tanpa kabel (wireless) untuk perangkat smartphone, komputer dan laptop.

Perbedaan paling mendasar di antara keduanya yakni hotspot unggul secara jangkauan area, mencapai radius 30 meter. Di samping itu dapat menampung jumlah perangkat jauh lebih banyak tanpa perlu mengkhawatirkan koneksi lemot. Sehingga orang betah berlama-lama berada di tempat yang memiliki hotspot kencang.

Semoga saja penjelasan singkat di atas membuat Anda memahami apa bedanya kedua hal tersebut. Paling tidak, Anda akan dinilai sebagai orang yang melek teknologi dan menjadi teman menyenangkan untuk diajak mengobrol di mata wanita.**GP

SHARE