Kevin Parker dan Dedikasinya Pada Musik | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kevin Parker dan Dedikasinya Pada Musik
Sopan Sopian | News

Rasanya kurang lengkap jika pecinta musik antimainstream tahu soal Tame Impala tapi tidak mengenal Kevin Parker. Tame Impala adalah grup musik (bukan band) yang terbentuk pada 2007 dari silam dari Australia yang mengusung genre psychedelic-rock.

kevin parker
Abby Gillardi/wikimedia

Tame Impala awalnya merupakan sebuah proyek rekaman rumahan saat dibentuk pertama kali pada 2007. Setelah mengeluarkan beragam album mini dan singel, album perdana mereka, Innerspeaker, diluncurkan pada tahun 2010. Album kedua mereka, Lonerism, diluncurkan pada tahun 2012, dan berhasil meraih penghargaan penjualan platinum di Australia.

Album keduanya itu juga sekaligus masuk ke dalam nominasi Album Musik Alternatif Terbaik pada ajang Penghargaan Grammy ke-56 tahun 2014. Selang satu tahun, album ketiga mereka, Currents, diluncurkan pada bulan Juli 2015.

Tame Impala sendiri beranggotakan Kevin Parker (gitar, vokal), Jay Watson (penyintesis, vokal, gitar), Dominic Simper (gitar, penyintesis), Cam Avery (bass, vokal), dan Julien Barbagallo (drum, vokal).

Dibalik kesuksesan Tame Impala, ternyata ada tangan "dewa" dari salah satu anggota atau disebut sebagai frontman. Ia adalah Kevin Parker. Selain perannya dalam grup musik ini sebagai gitar dan vokal, ia juga merupakan pruser, penulis lagu, multi-instrumentalis, dan pemilik rekaman di Australia. 

Jadi bisa dibilang Tame Impala adalah Kevin Parker dan Kevin Parker adalah Tame Impala. Sebagai forntman grup musik antimainstim ini, dia memiliki dedikasi pada musik. 

1. Lebih Memilih Penggemar
Meski Tame Impala didaulat sebagai Grup internaisional terbaik di Brit’s Award 2016. Namun, saat diwawancarai oleh Creativedisk pada saat menggelar konser di Indonesia 2016 lalu. Kevin Parker mengatakan bahwa yang terpenting itu diterima oleh penggemar. 

Kadang, kata dia, sebuah award itu hanya di vote atau dijustifikasi oleh beberapa orang saja. Namun lebih senang dari mendapat award, tambah dia, adalah ketika penggemar puas dengan musik yang dibawakan Tame Impala dan mengapresiasinya.

2. Tidak Ambil Pusing Soal Uang
Kevin Parker berkata kepuasan atas karya seni tidak bisa diukur dengan uang meski seniman memang butuh uang. Tapi tidak perlu memaksa pada penggemar. Kevin juga tidak begitu dipusingkan dengan pembajakan yang selama ini dikampanyekan terus menerus. Menurutnya, tidak ada orang yang tidak pernah mengunduh musik secara ilegal. Jika ada orang yang mengunduh lagunya, kata dia, apalagi menyukainya, hal itu diperbolehkan.

3. Memproduseri Single Lady Gaga
Lady Gaga mengakui kehebatan Kevin di dunia musik, dia merasa puas bahkan memuji Kevin sebagai seorang jenius, Kevin memprodseri single Gaga yang berjudul “Perfect Illusion”, Namun Kevin tidak sendiri mengerjakan proyek ini dia ditemani oleh Mark Ronson dan BloodPop.

4. Dinyanyikan Ulang Oleh Rihanna
Pada 2016 Rihanna merilis Album yang bertajuk Anti, dalam album tersebut Rihanna menyanyikan kembali lagu "Same Ol' Mistakes" lagu Tame Impala yang berjudul asli "New Person Same old Mistakes".

5. Proyek di Luar Tame Impala
Kecintaanya terhadap musik, Kevil Parker tidak hanya bergelut pada Tame Impala. Ditahun yang sama terbentuknya Tame Impala, Kevin juga membentuk Mink Mussel Creek, setahun kemudian Kevin membentuk Spice Lime Peacock tetapi tidak bertahan lama, pada 2008 Pond terbentuk dan Kevin sempat mengisi posisi drum pada 2009 sampai 2011 setelah itu Kevin melakukan mixing dan proses produksi album Pond. ** (SS)
 

SHARE