Gadget Mudah Rusak Akibat Kebiasaan Buruk ini - Male Indonesia
Gadget Mudah Rusak Akibat Kebiasaan Buruk ini
MALE ID | Digital Life

Memperlakukan gadget kesayangan haruslah dijaga secara hati-hati, itu bila Anda tidak mau gadget mudah rusak. Ironisnya, banyak orang justru mengabaikan perawatannya.

gadget mudah rusak
Pixabay.com

Di era modern seperti sekarang, kecanggihan teknologi telah memudahkan hidup manusia di berbagai aspek. Entah itu smartphone, tablet atau laptop. Barangkali salah satunya menjadi perangkat yang selalu setia menemani Anda beraktivitas sehari-hari. Tak ada lagi namanya keterbatasan.

Akan tetapi, kurangnya perhatian dan pemakaian yang semakin sering membuat gadget mudah rusak. Sementara Anda sedang memerlukannya untuk mengambil data penting di dalamnya. Tentu Anda akan dibuat jengkel lantaran perangkat tidak bisa digunakan.

Sebelum kondisi itu menimpa Anda nantinya, alangkah baiknya menghindari beberapa kebiasaan sepele namun berakibat fatal pada perangkat pintar. Simak penjelasannya di bawah ini.

Men-charge Gadget saat Habis Total
Mau itu smartphone atau laptop, jangan pernah membiarkan baterai habis total terlebih dahulu baru kemudian diisi ulang. Pasalnya, mengisi dari 0% memakan waktu lebih lama menuju 100%. Isilah pada saat berada di level 15-30%. Gadget yang baterainya dibiarkan habis total juga berisiko kehabisan daya lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Dibiarkan dalam Kondisi Mengisi Ulang Semalaman
Memang, rata-rata gadget saat ini telah dibekali teknologi canggih dimana aliran listrik akan berhenti saat baterai terisi penuh. Kendati demikian, bukan berarti baterai Anda 100% aman. Lama-kelamaan baterai akan menggelembung dan mengakibatkan korslet ke dalam mesin smartphone/laptop. Alangkah baiknya Anda mencabut baterai pada kondisi antara 90-95%.

Sering Memakai Charger Bukan Bawaan
Anda sering melihat charger yang dibekali kemampuan fast-charging beredar di pasaran? Jangan sekali-kali menggunakannya pada smartphone Anda. Risiko mengalami kerusakan cukup besar bila Anda melakukan isi ulang dengan charger palsu secara berkala.

Mengisi Ulang Tanpa Melepas Base
Penggunaan case seperti hardcase atau softcase sewaktu proses mengisi ulang membuat gadget mudah rusak lantaran aliran panas susah keluar. Cabut case terlebih dahulu sebelum mengisi ulang.

Memangku Laptop Ketika Digunakan
Menggunakan laptop sembari memangkunya menyebabkan sirkulasi panas terganggu dan memicu overheat. Sangat disarankan meletakkan laptop di meja atau alas khusus yang dilengkapi kipas pendingin.

Menyimpan Smartphone di Tas
Hindari kebiasaan menyimpan smartphone di dalam tas agar layar smartphone tidak tergores dengan isi tas. Kecuali sudah dilengkapi pelindung layar seperti tempered glass.

Layar Gadget Terpapar Sinar Matahari Langsung
Mau itu smartphone atau laptop, cobalah untuk tidak menggunakannya di bawah sinar matahari. Di samping merusak mata, paparan sinar matahari bisa menurunkan ketajaman layar gadget Anda.**GP

SHARE