Nio EP9, Mobil Listrik Tercepat - Male Indonesia
Nio EP9, Mobil Listrik Tercepat
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Mobil listrik bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, salah satunya Nio EP9. Karena selain membantu mengurangi pencemaran udara, memiliki mobil listrik besutan perusahaan startup bernama NextEV ini akan menguntungkan Anda dalam banyak hal. Bagaimana caranya?

nio ep9
nio.io

NextEV mengklaim bahwa Nio EP9 merupakan mobil listrik yang mampu menghasilkan performa mengerikan. Bahkan sejumlah pihak beranggapan pabrikan asal China tersebut telah melahirkan mobil listrik terkencang di dunia. Bagaimana tidak, muntahan tenaganya berada di angka 1 Megawatt, atau setara dengan 1.341 hp. Sementara torsinya sebesar 1.490 Nm.

Dengan daya kuda cukup mencengangkan, maka Nio EP9 telah jauh mengungguli mobil konvensional Bugatti Veyron yang hanya mempunyai tenaga puncak sekitar 1.200 hp. Tak perlu heran apabila perusahaan otomotif asal Negeri Paman Sam, Tesla ikutan merinding menghadapi EP9.

Baca juga: Mobil Bugatti Chiron, Penerus Kejayaan Sang Kakak

nio ep9
nio.io

Pada 12 Oktober 2016, sirkuit legendaris Nurburgring Nordschliefe, Jerman pernah menjadi saksi bisu ‘keganasan’ EP9 dan memecahkan rekor sebelumnya. EP9 mampu melahap lintasan sepanjang 20,8 km hanya dalam waktu 7 menit 5 detik. Tidak hanya di Nurburgring, mobil ini memecahkan rekor mobil listrik Sirkuit Paul Ricard di Perancis. Dimana mencatat perolehan waktu 1 menit 52 detik.

EP9 dipersenjatai empat motor listrik bertenaga tinggi dan empat gearbox individual. Komponen tersebut membuat sang supercar hanya memerlukan waktu 2,7 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam dan 7,1 detik dari 0-200 km/jam. Kecepatan maksimalnya sendiri mencapai angka 313 km/jam, cukup dahsyat bukan?


nio.io

Dari sektor bahan bakar, baterainya telah dibuat sedemikian rupa agar bisa mengisi penuh dalam waktu 45 menit saja. Dalam kondisi baterai penuh, pengguna dapat memacu mobil sejauh 427 km.

Mengintip pada bagian desain, EP9 hadir dengan tampilan sangat aerodinamis dan menyerupai sportscar asal Eropa. Tengok saja diffuser berukuran panjang serta front splitter yang bisa disesuaikan ketika melahap tikungan. Sayap belakang memiliki tiga posisi, yakni park, low drag dan high downforce. Sementara di sektor kaki-kaki dibekali velg berbahan carbon berukuran 19 inci pada bagian depan dan 21 inci di bagian belakang.

Supercar EP9 dirilis dengan tujuan mendobrak batas dimana sebelumnya sangat sulit dilampaui. Pabrikan NextEV berharap karyanya mampu membuat para pengguna merasakan kenikmatan berkendala memanfaatkan tenaga listrik. Debutnya dilakukan di Saatchi Gallery, London, Inggris pada 21 November 2016 silam.

Tertarik meminangnya? Anda harus mengelus dada. Pasalnya, mobil ini hanya diproduksi secara terbatas. Harganya pun terbilang tidak murah, yakni 1,48 juta USD atau setara 19,7 miliar rupiah. Wow.**GP

SHARE