Pantai Ngobaran, Pantai di Yogyakarta Rasa Bali - Male Indonesia
Pantai Ngobaran, Pantai di Yogyakarta Rasa Bali
MALE ID | Relax

Bagi pecinta pantai harus tahu, Pantai Ngobaran. Keindahan pantai ini tidak akan mengecewakan Anda untuk meluruhkan rasa lelah selama beraktivitas. Konon salah satu pantai di Yogyakarta ini terasa seperti di Bali.

pantai ngobaran
Abraham Galih/flickr.com

Mengapa bisa terasa seperti di Bali? Karena di sana selain memiliki tebing, juga terdapat pura menghadap ke laut, yaitu tempat ibadah untuk agama hindu. Namun uniknya,  didekat pura juga ada mushola kecil untuk beribadah umat muslim. 

Di sebelah bawah atau pantainya, juga sering digunakan untuk upacara ritual bagi penganut aliran kejawen. Jika diperhatikan, di pantai ini tidak hanya terlihat keindahan alam Yogyakarta saja, tetapi juga keindahan toleransi. 

Konon bangunan-bangunan ini didirikan pada tahun 2003 oleh keturunan Prabu Brawijaya V. Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah berbentuk pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran.

Destinasi wisata ini tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini terhitung masih sangat sepi jika dibandingan dengan Pantai Prangtritis.

Jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, dapat berkunjung ketika menjelang hari raya Nyepi. Karena ketika itu penganut agama Hindu sering melakukan Upacara Galungan setiap bulan purnama dan upacara Melastri yang merupakan rangakaian upacara Nyepi.

Tidak hanya penganut agama Hindu, penganut aliran kejawen (aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V) setiap malam selasa dan jumat pun mengadakan ritual ditempat ini. Tidak hanya legenda dan tempat – tempat peribadatan, jika ingin menikmati pemandangan laut dari sudut yang berbeda, kita dapat mendaki bukit yang letaknya tidak jauh dari candi.

Dari puncak bukit ini mata akan disuguhkan oleh pemandangan Pantai Ngobaran yang lebih luas. Karena pantai ini merupakan pantai selatan, tidak disarankan untuk berenang.  Pantai Ngobaran memang menyimpan pesona yang berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, selain keindahan alam kita juga dapat sekaligus berwisata budaya dengan mengunjungi bangunan-bangunan unik sekitar pantai. 

Tertarik untuk berkunjung ke Pantai Ngobaran? Jalan menuju pantai ini tak jauh dari Pantai Ngrenehan. Hanya saja, Anda memang harus hati-hati karena bakal melewati jalan berkelok. Jika dari arah jalan Jogja-Wonosari yakni di pertigaan Gading, segera ambil jalan ke selatan arah Playen hingga pasar Paliyan. 

Dari sana akan ditemukan papan penunjuk arah ke pantai Ngobaran. Lama perjalanan dari pusat kota Jogja kurang lebih sekitar 2 jam lamanya. ** (SS)


 

SHARE