Pesona Keunikan Pink Beach di Tanah Komodo - Male Indonesia
Pesona Keunikan Pink Beach di Tanah Komodo
Sopan Sopian | Relax

Pink Beach merupakan pantai unik yang memiliki pasir berwarna merah muda nan indah. Pantai ini terletak dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. 

pink beach
Bahnfrend/wikimedia

Pink Beach adalah satu dari 10 pantai berpasir merah muda di dunia. Di antaranya berada di Harbor Island, Bahamas, Bermuda, Santa Cruz Island, Filipina, Sardinia, Itali, Bonaire, Dutch Caribbean Island, dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Beberapa berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini. 

Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pink Beach adalah karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.

Snorkeling atau Diving
Suasana Pink Beach yang sepi membuat kelesatarian alam dan pantai ini tetap terjaga. Di pantai ini terdapat bukit memanjang dari ujung pantai ke ujung lainnya sehingga menambah keindahan dari pantai ini. Berada di pantai yang indah, tenang dan menakjubkan merupakan tempat yang ideal untuk relaksasi.

Selain kondisi pantainya yang unik dan keindahan alamnya yang menakjubkan, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami. Warna  hijau toska air laut tidak boleh Anda dilewatkan di sini. 

pink beach
Schristia/Flickr

Taman bawah lautnya juga merupakan istana bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di sini.

Selain snorkeling dan diving, di pantai ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berjemur di pasir yang lembut dan menggelitik kulit. Jangan lupa untuk mengabadikan moment Anda selama melakukan kegiatan di pantai ini. Terlebih lagi pemandangan Matahari tenggelam di pantai ini juga terkenal menakjubkan.

Fasilitas Penginapan
Mengingat Pink Beach adalah pantai tak berpenghuni dan berada di kawasan yang terpencil, kebutuhan penginapan dan akomodasi lainnya dapat diperoleh di Labuan Bajo. Apabila ingin menginap di Kampung Komodo, Anda dapat menanyakannya pada penduduk atau guide Anda. Di sana tersedia home stay di rumah penduduk dengan fasilitas sederhana, termasuk ketersediaan makanan yang juga sederhana.

Di Labuan Bajo juga terdapat kapal-kapal LOB (Live Aboard) yang dapat disewa wisatawan atau penyelam. Kapal ini dapat sekaligus berfungsi sebagai tempat menginap selama menelusuri pesona pulau-pulau di sekitar Taman Nasional Komodo dan Pulau Flores. ** (SS)

SHARE