Tidur Sejenak, Solusi Atasi Masalah di Kantor - Male Indonesia
Tidur Sejenak, Solusi Atasi Masalah di Kantor
MALE ID | Works

Percaya atau tidak, bahwa tidur sejenak menjadi salah satu kunci sukses dalam karir dan masalah di kantor. Di dunia karir, setiap karyawan akan dihadapkan dengan tantangan kerja dengan pilihan dan keputusan yang bisa dibilang sulit. Ditambah, pikiran jernih sangat dibutuhkan dalam hal ini. Bahkan, lebih sering tidak bisa berpikir jernih untuk menghadapi masalah-masalah di tempat kerja.

tidur sejenak, masalah di kantor
Simon Law

Masalah yang menumpuk tentu akan menjadi pikiran sendiri. Semakin memikirkan masalah, orang akan semakin sulit mendapatkan jawabannya. Sehingga dapat menimbulkan fustasi yang semakin membuat otak terasa buntu. Lalu apa yang dilakukan? Ternyata pergi tidur menjadi salah satu opsi terbaik.

Nah, berbicara tidur. Ternyata erat kaitannya dengan karir. Bahkan dapat membantu untuk memcahkan masalah yang Anda hadapi di kantor. Sebuah studi Memory and Cognition menyebutkan bahwa orang bisa memecahkan masalah lebih baik setelah tidur.

Mengutip laman Lifehack, bahwasannya ketika tidur, seseorang akan mengalami efek inkubasi. Di mana otak lebih efektif mengatasi masalah ketika diberikan waktu untuk beristirahat. Pasalnya, meski fisik Anda tertidur, alam bawah sadar Anda tetap bekerja untuk menemukan solusi masalah. Biasanya memang tidak disadari oleh setiap orang.

Selain itu, dalam penelitian itu juga mengungkapkan bahwa, tidur juga dapat memberikan inspirasi untuk karir Anda. Di mana ketika tidur, otak mampu memroses dan mengonsolidasikan pengalaman yang dialami saat terjaga dari tidur. Karena, tidur setelah mempelajari hal-hal baru, bisa membantu Anda untuk memasukkan informasi baru ke memori jangka panjang.

Bahkan, pakar dalam penelitian tersebut juga menyarankan seseorang yang sedang frustrasi untuk berhenti memikirkan masalah pekerjaan, lebih baik pergi tidur. Alasannya adalah rasa frustrasi ini hanya akan menghalangi kemampuan dia untuk menemukamn solusi atau membuat keputusan.

Tidur menjadi salah satu bentuk rileksasi. Sehingga biarkanlah tubuh beristirahat sejenak sebelum membuat pilihan atau memecahkan masalah. Anda akan takjub melihat kemampuan otak untuk memecahkan masalah ketika sedang tidur.

Jika Anda merasa terjebak, yang terbaik adalah melangkah mundur dan beristirahat. Rasa frustrasi Anda hanya akan menghalangi kemampuan Anda untuk menemukan solusi atau membuat keputusan. Biarkan diri Anda tidur nyenyak sebelum Anda membuat pilihan atau mencoba memecahkan masalah Anda.

Namun, jangan sampai tidur lebih banyak Anda lakukan ketimbang mencari solusi dalam pekerjaan Anda. Karena tidur juga memiliki porsi sendiri. ** (SS)

SHARE