Mengenal Sawa Homare, Tsubasa di Dunia Nyata - Male Indonesia
Mengenal Sawa Homare, Tsubasa di Dunia Nyata
MALE ID | Sport & Hobby

Mengenalkan nama Sawa Homare, tidak semua tahu siapa dia. Namun ini ada erat kaitannya sama tokoh kartun si kapten lapangan hijau nun legendaris, yaitu Kapten Tsubasa. Para pecinta sepakbola tentu tahu dengan film kartun Kapten Tsubasa. Tokoh kartun ini mendapat tempat disetiap pria yang mencintai sepakbola. Bahkan, Tsubasa memberikan inspirasi sejumlah mega bintang dunia sepakbola seperti Fernando Torres, Lionel Messi, Zinedine Zidane, hingga Alessandro Del Piero.

GoToVan from Vancouver, Canada

Bernama lengkap Tsubasa Ozora diceritakan sebagai seorang anak kecil yang sejak Sekolah Dasar (SD) telah mencintai cabang olagraga sepak bola. Kecintaannya terhadap bola, Tsubasa berhasil menjadi sosok atlet sepakbola paling handal di Jepang.

Namun, Anda tahu, jika sosok Tsubasa sebenarnya ada dalam dunia nyata. Sosok Tsubasa di dunia nyata ini adalah seorang wanita. Dia bernama Sawa Homare. Menurut pengarangnya yakni Takahashi Yichi, Tsubasa benar-benar ada. 

Ketika Yichi mencerminkan tokoh Tsubasa, dia melihat tokoh itu ada di jiwa kapten Timnas Wanita Jepang, Sawa Homare, yang mengantarkan Negara Matahari Terbit jadi juara di Piala Dunia Wanita 2011.

"Sawa adalah gambaran Tsubasa. Dia bermain sebagai kapten, mengenakan nomor 10, dan memimpin tim untuk menang di Piala Dunia. Pencetak gol terbanyak serta pemain terbaik. Dialah Tsubasa sesungguhnya," ujar Yichi. 

Ekspresi Sawa yang girang bermain bola serta menendang bersama rekan-rekannya juga menjadi perwujudan Tsubasa. Yichi benar-benar tak mengira jika di kehidupan nyata Tsubasa adalah wanita. Lalu siapa Sawa Homare ini selain seorang kapten Timnas Sepakbola wanita Jepang?

Mengenal Sawa Homare
Sawa Homare, lahir di Tokyo, 6 September 1978. Dia bermain untuk INAC Kobe Leonessa di Liga Nadeshiko Divisi 1. Dia juga mendapat penghargaan Pemain Wanita Terbaik Dunia FIFA tahun 2011. Sawa memulai debutnya di liga sepak bola wanita L. League pada usia 12 tahun. Pengalaman Internasional pertamanya adalah pertandingan melawan Filipina, 6 Desember 1993. Ketika itu Sawa baru berusia 15 tahun, namun berhasil mencetak empat gol sekaligus.

Kemudian, Sawa direkrut sebagai anggota tim nasional Jepang. Bersama timnya, Sawa lima kali mengikuti Piala Dunia Wanita FIFA dan empat kali Olimpiade Musim Panas (1996, 2004, 2008, 2012). Setelah dibentuknya liga sepak bola wanita Amerika Serikat Women's United Soccer Association (WUSA) pada tahun 2001, dia diundang bermain untuk Atlanta Beat sekaligus mencetak gol pertama dalam sejarah tim yang berkandang di Atlanta, Georgia. 

Pada 24 September 2008, Sawa dipilih oleh klub Amerika Washington Freedom sewaktu diadakan draft internasional WPS 2008 oleh liga sepak bola profesional Women's Professional Soccer (WPS). Pada 17 Juli 2011, Sawa mengantarkan tim nasional Jepang dipimpinnya meraih gelar juara Piala Dunia Wanita FIFA setelah mengalahkan Amerika Serikat 3-1 lewat adu penalti. 

Pada 9 Januari 2012, Sawa mendapat penghargaan Pemain Wanita Terbaik Dunia FIFA tahun 2011 pada FIFA Ballon d'Or 2011 di Zurich, Swiss. Kemudian dia mengumumkan pengunduran dirinya setelah mengantarkan tim Jepang memenangi medali perak pada Olimpiade London 2012. ** (SS)

SHARE