Perangkat yang Mengubah Dunia Secara Signifikan - Male Indonesia
Perangkat yang Mengubah Dunia Secara Signifikan
Gading Perkasa | Digital Life

Perkembangan teknologi telah melahirkan jutaan perangkat yang mengubah dunia. Di antara jutaan produk tersebar ke berbagai penjuru, sudah tentu hanya sejumlah perangkat berhasil duduk di singgasana raja sebagai penemuan paling inovatif.


Pixabay.com

Bagi masyarakat yang tinggal di kota besar, sangat mustahil mengabaikan kehadiran berbagai macam gadget. Sebut saja ponsel pintar, laptop dan masih banyak lagi. Hari demi hari produk-produk berkaitan dengan teknologi terus saja bermunculan dimana menjadi buruan para pecinta gadget. Mereka nyaris tak peduli pada tingginya label harga melihat fitur yang ditawarkan.

Di samping itu, masih banyak perangkat yang mengubah dunia kita secara signifikan. Bukan cuma menonjolkan kecanggihan, melainkan juga melibatkan unsur futuristik dan inovatif. Inilah beberapa di antaranya:

Baca juga: 5G Akan Mengubah Hidup Manusia, Benarkah?

Walkman

Pixabay.com
Walkman diyakini sebagai gadget pertama yang lahir pada sekitar tahun 1979. Medianya adalah kaset pita. Pengguna bisa mendengarkan musik di manapun ia berada, termasuk saat sedang berolahraga atau di dalam kendaraan. Hal inilah yang membuat walkman disebut-sebut penemuan inovatif, bahkan jauh sebelum pamornya tergusur oleh kehadiran perangkat pemutar multimedia besutan Apple, iPod.

iPhone

Pixabay.com
Saat iPhone pertama dirilis pada Juni 2007 silam, belum banyak ponsel dilengkapi touch screen dengan tombol minim. Mendiang Steve Jobs menggebrak dunia melalui peluncuran iPhone yang layarnya dinilai cukup besar pada masa itu. Mengapa smartphone ini dibilang inovatif? Penggabungan layar responsif, pemutar media serta kemampuan berselancar di dunia maya menjadi standar pabrikan lain untuk meluncurkan smartphone yang beredar di kemudian hari.

Mobil Google

Pixabay.com
Tidak melulu mengerjakan proyek berkaitan akan dunia internet maupun gadget semata, raksasa teknologi Google juga membuat produk mobil. Uniknya, mobil ciptaan mereka dapat berjalan tanpa adanya pengemudi melainkan komputer-lah yang menjalankan mobil mereka. Apabila sistem berjalan sempurna, mobil Google mampu menghindarkan penggunanya dari kecelakaan yang disebabkan oleh kelelahan ataupun kelalaian pengemudi.

Kinect

BagoGames
November 2010 lalu, Microsoft merilis Kinect yang notabene merupakan aksesoris konsol game Xbox 360. Pengguna tidak memerlukan controller fisik dalam bermain. Sebagai gantinya, semua anggota tubuh pemain dapat difungsikan memainkan game. Produk sangat laris di pasaran. Di masa mendatang, bukan mustahil para pengembang dapat mengimplementasikan apa yang dilakukan oleh Microsoft ke dalam kehidupan manusia sehari-hari di luar dunia gaming.

Cloud computing

Pixabay.com
Perangkat yang mengubah dunia selanjutnya, yakni Cloud Computing. Anda ketinggalan hard disk eksternal atau flash disk, sementara membutuhkan data di dalamnya untuk bekerja? Sudah tidak perlu khawatir lagi tentunya. Selama ada internet, pengguna dapat mengakses data di mana saja lantaran kehadiran teknologi ini. Di saat koneksi internet kian cepat, maka pengguna juga bisa mengupload data dalam waktu singkat.**GP

SHARE