Dilarang Memotret di Tempat Berikut ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Dilarang Memotret di Tempat Berikut ini
Gading Perkasa | Relax

Kamera sudah menjadi alat wajib dan tak boleh tertinggal saat berlibur ke suatu tempat, namun bagaimana bila Anda dilarang memotret di tempat yang Anda kunjungi?

Pixabay.com

Seperti yang diketahui, fungsi kamera sangat vital bagi kehidupan manusia saat ini. Pasalnya, berkat kamera-lah seseorang dapat mengabadikan momen ataupun peristiwa. Dimana setiap gambar ‘bercerita’ kepada khalayak yang melihatnya. Meskipun, tanggapan masing-masing orang terhadap sebuah gambar belum tentu sama.

Ironisnya, tidak semua lokasi atau tempat di muka bumi membolehkan para turis dan wisatawan berfoto ria. Bahkan ada hukuman berat bagi pelanggar aturan. Penasaran tempat mana saja yang dimaksud? Di sinilah Anda dilarang memotret dengan alasan apapun.

Baca juga: Dilarang Meninggal Saat Mengunjungi Kota ini

Indonesia
Mari kita mulai dari negeri sendiri terlebih dahulu. Indonesia rupanya mempunyai aturan terkait dunia fotografi, khususnya penggunaan drone. Mengacu pada peraturan Menteri Perhubungan nomor 90 tahun 2015 tentang Pengendalian Pesawat Udara Tanpa Awak yang disahkan 12 Mei 2015 lalu, ada tiga kawasan dimana drone dilarang melintas. Yakni kawasan udara terlarang, kawasan udara terbatas serta kawasan keselamatan operasi penerbangan bandar udara.

Korea Utara
Rasanya sudah bukan rahasia lagi apabila negara Korea Utara cenderung tertutup dan mengisolasi diri dari dunia luar. Pemerintahnya memberlakukan larangan hampir di semua sektor bagi rakyatnya sendiri, meliputi pengambilan gambar atau foto. Saat berkunjung ke sana, ingatlah untuk tidak membawa kamera dengan lensa lebih dari 150mm. Setiap jepretan foto wajib mendapat izin pemerintah Korut.

Ise Grand Shrine
Kuil bernama Ise Grand didedikasikan untuk Amaterasu Omikami, Dewi Shinto yang dipercaya keluarga kekaisaran Jepang turun-temurun. Bangunannya sungguh unik sehingga memancing pecinta fotografi mengeluarkan kamera mereka. Tahan dulu, tidak semua lokasi boleh Anda potret begitu saja, seperti Shogu (kuil utama) di Naiku dan Geku. Di samping itu, Anda dilarang memasuki sejumlah lokasi yang telah ditentukan.

Uni Emirat Arab
Berlibur ke Uni Emirat Arab merupakan kebanggan tersendiri. Hal ini disebabkan banyak spot menakjubkan yang mubazir bila tidak diabadikan ke dalam sebuah gambar. Meski demikian, jangan pernah memotret Istana Syekh, jembatan spesial dan bangunan pemerintahan. Bersiaplah menerima hukuman penjara atau denda sekitar 18 juta rupiah bila sampai ketahuan pihak berwajib.

Red Light District
Negeri kincir angin mempunyai sejumlah lokasi bertanda Red Light District, Amsterdam. Kawasan ini dikenal sebagai tempat prostitusi legal. Anda boleh saja mengunjunginya, asalkan Anda memerhatikan larangan tertulis untuk mengambil gambar di daerah tersebut. Pelanggaran terhadap aturan memotret diancam hukuman penjara dan wajib membayar denda.

Museum Van Gogh
Larangan penggunaan kamera di dalam museum kerap diberlakukan, salah satunya museum Van Gogh, Belanda. Di sana tersimpan koleksi lukisan dan gambar Van Gogh terbesar di dunia. Awal munculnya larangan memotret disebabkan banyaknya pihak sulit memandangi lukisan lantaran terganggu dengan mereka yang ingin memotret lukisan.

Bergun
Tempat terakhir berada di negeri penghasil jam tangan terbaik dunia, Swiss. Setiap wisatawan dilarang memotret seluruh tempat di kota Bergun. Barang siapa melanggar aturan maka akan didenda sebesar 70 ribu rupiah. Tujuan diterapkannya aturan ini tidak lain agar wisatawan fokus menikmati kota tanpa disibukkan mengambil gambar.**GP

SHARE