Jaket Fleece, Perhatikan Cara Merawatnya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Jaket Fleece, Perhatikan Cara Merawatnya
Gading Perkasa | Looks

Jaket fleece dewasa ini merupakan busana yang banyak digandrungi kaum muda milenial, khususnya para pria. Bahan jaket menyerupai kain wol dan sering dimanfaatkan dalam beberapa kondisi. Salah satunya untuk pendakian gunung.

Spreadshirt

Manfaat mengenakan jaket fleece tidak hanya bermanfaat menghangatkan tubuh dari hawa dingin, melainkan juga membuat pemakainya terlihat sangat keren. Sehingga para pendaki semakin betah memakainya.

Buat Anda para pecinta kegiatan outdoor, tentu tidak menginginkan jaket fleece kesayangan menjadi kotor, berdebu dan luntur bukan? Sayangnya, perawatan bahan katun relatif sedikit lebih sulit dibandingkan dengan jaket berbahan biasa. Namun Anda tidak perlu panik. Beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara merawat jaket berbahan fleece (katun). Antara lain:

Baca juga: Tampil Tangguh dengan Jaket Parka

Jangan Terlalu Sering Mencucinya
Poin pertama yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan terlalu sering mencuci jaket berbahan fleece. Pasalnya, semakin sering Anda mencucinya maka warna dari bahan tersebut berangsur-angsur memudar. Cucilah setidaknya satu sampai dua bulan sekali.

Lihat Pelapis Pada Fleece
Biasanya, setiap jaket berbahan katun mempunyai pelapis bernama durable water repellent (DWR). Fungsinya yaitu mengembalikan kelembapan serta mencegah kotoran menempel. Meski demikian, tidak perlu terlalu ketergantungan pada fungsi DWR mengingat noda tidak sepenuhnya hilang dan justru membuat jaket kesayangan kusam.

Berhati-hati Ketika Mencuci
Saat Anda hendak memasukkannya ke dalam mesin cuci, campurkan hanya bersama pakaian yang mempunyai warna senada dengan fleece Anda untuk mencegah jaket luntur. Bila ingin mencucinya secara manual, gosoklah perlahan-lahan dan gunakan deterjen lembut.

Jemur dengan Benar
Menjemurnya juga tidak boleh sembarangan. Hindari sinar matahari langsung ataupun cuaca panas menyengat. Cukup Anda gantungkan di tempat berhawa sejuk. Menggunakan pengering boleh-boleh saja, asalkan suhunya diatur sedemikian rupa supaya jaket tetap awet.

Fleece Disetrika?, think again
Sebenarnya jaket katun tak perlu Anda setrika bila memang dirasa belum perlu. Kecuali bila kondisinya sangat mendesak, usahakan menyetrika tanpa mengenai bahan fleece secara langsung. Caranya? Gunakan pelapis kain.

Simpan dengan Cara Digantung
Langkah terakhir setelah selesai menyetrika yakni letakkan jaket pada gantungan pakaian. Hal tersebut mencegah berkumpulnya debu dan kotoran di sela-sela kain. Sirkulasi udara juga semakin baik dan jaket terjaga keharumannya.**GP

SHARE