Bakat, Kunci Sukses dalam Karir Anda - Male Indonesia
Bakat, Kunci Sukses dalam Karir Anda
MALE ID | Works

Bakat atau talent adalah salah satu kunci sukses karir Anda dalam sebuah perusahaan. Karena dengan bakat Anda dapat menikmati pekerjaan seberat apapun tanpa merasa lelah atau stres.


Pixabay.com

Apakah Anda merasa pekerjaan yang Anda lakukan seperti beban hidup, meski Anda selalu dapat menyelesaikannya dtepat waktu? Jika ya jawabannya, mungkin Anda tidak memiliki talent atau bakat dalam pekerjaan itu. 

Mengutip dari buku "Fun Employee Funtastic Career" karya Vitayanti Wardoyo, setiap orang dapat melakukan pekerjaan meski bukan dari salah satu bakatnya. Namun, hal itu justru akan menguras energi menjadi lebih besar daripada energi yang dikeluarkan oleh orang yang berbakat pada pekerjaan yang sama. 

Dengan kata lain, pekerjaan atau bidang itu menjadi kurang eco-friendly bagi orang yang bakatnya tidak sesuai dengan pekerjaan atau bidang yang sedang dijalani. 

"Contohnya, dua orang diminta untuk berlatih piano dalam satu minggu, setiap harinya diberi waktu tiga jam untuk berlatih. Orang yang tidak memiliki bakat atau talent tetap bisa bermain piano. Namun tidak akan cepat perkembangannya seperti orang yang memiliki bakat atau talent. Dia (yang tidak memiliki bakat) harus lebih mengeluarkan energinya untuk dapat bermain piano," tutur Vitayanti pada MALE Indonesia.

Selain harus mengeluarkan energi yang berlebih, seseorang akan memiliki tingkat stres yang tinggi. Karena Anda tidak bekerja pada "zona kekuatan" yang telah dirancang oleh Tuhan (bakat atau talent). Alasannya simpel, apabila bekerja dengan "zona kekuatan" yang berangkat dari bakat, pekerjaan sekaras apapun tidak akan terasa bekerja keras.

Dengan demikian, performance kerja Anda akan lebih maksimal. Di mana imbasnya adalah kinerja Anda akan menarik perhatian para atasan dan memperbesar peluang promosi jabatan. Dengan demikian tidak semua pekerjaan cocok untuk semua orang. Meski mampu dilakukan.

Kenali Bakat dan Berani Melangkah
Banyak ciri-ciri seseorang yang tidak menikmati pekerjaannya meski berada di puncak pimpinan. Di antaranya, stres, darah tinggi, sering pusing, migraine, dan lain sebagainya. "Karena menurut penelitian, 90 persen penyakit fisik itu disebabkan oleh psikis. dan penyebab psikis itu mengalamai tekanan," tutur Viyanti.

Jika seseorang berangkat dari bakat dalam sebuah pekerjaanya, kata dia, itu akan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.  "Kita kerja keras. Kita produktif, tapi tidak sampai dekonstruktif terhadap fisik dan mental kita," tambahnya.

Maka disarankan, kata dia, hidup hanya satu kali. Jika Anda masih merasa pekerjaan Anda sepeti beban yang begitu berat, lebih baik Anda kenali bakat Anda sendiri. Apa yang menjadi talenta, minat, dan zona kekuatan Anda. Jika telah menemukannya, beranilah melangkah dan cari pekerjaan berdasarkan bakat dan minat Anda.

Sebab, jika Anda bekerja dalam aera terebut, Anda akan menunjukan kinerja luar biasa dan pada saat bersamaan Anda akan merasa enjoy dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan Anda. ** (SS)

SHARE