Gerakan Olahraga yang Memanfaatkan Anak Tangga | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Gerakan Olahraga yang Memanfaatkan Anak Tangga
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Gerakan olahraga tidak hanya dilakuakan ditempat-tempat kebugaran atau gelanggang olahraga saja. Di rumah atau di pusat-pusat perbelanjaan atau gedung-gedung yang memiliki tangga bisa menjadi sebuah alat untuk gerakan olahraga.

Photo by Bruno Nascimento on Unsplash

Bahkan, latihan kebugaran menggunakan tangga ini bisa membantu Anda membakar lebih banyak kalori dengan intensitas yang lebih tinggi karena gerakan naik-turun tangga membuat Anda bergerak lebih keras untuk melawan gravitasi bumi.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk olahraga ke tempat-tempat kebugaran di rumah tidak memiliki alat olahraga, selain lari, Anda dapat memanfaat tangga ini untuk gerakan olahraga seperti berikut.

1. Push Up
Push up menjadi salah satu gerakan dasar dalam berolahraga. Dan Anda tahu, push up bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan tangga. Dengan tumpuan tangan pada anak tangga ketinga atau keempat dari tempat Anda berpijak, gerakan push up akan semakin mudah dilakukan

2. Triceps Dips
Gerakan olahraga berikutnya yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan anak tangga adalah triceps dips. Lakukan dengan duduk pada anak tangga bagian bawah. Kemudian letakkan tangan pada anak tangga diatasnya dengan posisi membelakangi tubuh dan kaki lurus. Angkat badan selama 5 detik dengan tumpuan terletak pada tangan. Gerakan ini dapat membantu memperkuat otot lengan belakang.

3. Simple Steps
Sebagai pemanasan, Anda bisa melakukan gerakan naik turun tangga sebanyak 5 kali. Jika sudah terbiasa, nantinya Anda bisa menambahkan intensitasnya menjadi lebih banyak, sekitar 10 – 15 kali. Gerakan dasar ini tidak hanya dapat dilakukan di dalam rumah saja, tetapi juga di kantor. Ubah kebiasaan menggunakan lift dengan menaiki tangga. Gerakan ini termasuk ke dalam salah satu latihan kardio ringan yang mudah untuk Anda terapkan.

4. Walking Lunges
Gerakan olahraga terkahir yang dapat dilukan dengan mamanfaatkan anak tangga adalah walking lunges. Gerakan ini hampir sama seperti menaiki anak tangga, yang perlu Anda lakukan adalah menaikai dua anak tangga sekaligus, dengan posisi punggung tetap tegak.

Pose walking lunges berfungsi untuk pembentukan otot di daerah paha, sehingga ketika menaiki anak tangga, seharusnya tekanan yang Anda rasakan terdapat pada paha belakang dan bokong—bukan merasa pegal pada betis. **SS

SHARE