Olahraga Lari Bisa Jadi Tidak Efektif Karena Hal Ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Olahraga Lari Bisa Jadi Tidak Efektif Karena Hal Ini
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Olahraga lari tidak efektif hanya karena kesalahan yang tidak Anda sadari. Seperti diketahui, olahraga lari adalah olahraga paling sederhana. Karena olahraga ini dapat dilakukan di manapun. Waktu untuk melakukannya pun fleksibel.

Meski sederhana, lari memiliki manfaat yang cukup banyak. Tidak hanya sekadar menjaga kebugaraan tubuh saja. Sebut saja manfaatnya adalah menjaga kulit lebih sejat, melatih kecepatan berpikir, tulang dan persendian lebih kuat, sampai mencegah tekanan darah tinggi.

Namun, olahraga lari ini bisa menjadi tidak efektif. Sehingga manfaatnya tidak begitu terasa pada tubuh Anda. Berarti ada yang salah dalam melakukan olahraga lari yang Anda lakukan. Berikut beberapa hal uyang membuat olahraga lari tidak efektif.

Hanya Berpikiran Bakar Kalori
Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah, terlaku fokus pada pembakaran kalori saat melakukan olahraga lari. Padahal, untuk membakar kalori, beraktivitas sehari-hari pun sudah cukup. Salah satunya berpikir.

Lebih baik, selain tujuan untuk membakar kalori, fokuskan lari Anda pada pembentukan otot. Pasalnya, tubuh yang berotot, dapat menjadi mesin pembakar lemak dan kalor yang efektif.

Sampai Merasakan Lelah
Membuat jadwal seketat dan sedekat mungkin untuk melakukan olahraga lari, tentu saja hal ini juga tidak baik untuk dilakukan. Karena ini justru bisa membuat tubuh Anda kelelahan dan mengalami stres.

Apalagi Anda kerap melakukannya hingga begitu merasa lelah karena padatnya waktu olahraga. Pasalnya, jika terus Anda melakukan hal tersebut, justru akan memengaruhi hormon kortisol yang menyebabkan resistensi insulin.

Akibatnya, lemak dalam tubuh Anda cenderung menumpuk. Terutama pada sekitaran perut. Selain itu, terlalu banyaknya berlari juga membahayakan kesehatan kelenjar tiroid dan menurunkan tingkat metabolisme Anda.

Lebih baik atur waktu, tiga kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga lari. Sisanya berikan waktu istirahat cukup untuk tubuh Anda.

Terlalu Lamban
Perlu diingat, salah satu variabel yang paling penting dengan semua jenis latihan kardio adalah intensitas. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Western Ontario mengungkapkan bahwa, berlari dengan waktu yang lebih singkat namun dengan tempo yang cepat dapat membakar lebih banyak lemak dibandingkan berlari lama namun konstan.

Itu karena berlari cepat akan menaikkan detak jantung (heart rate) sehingga pembakaran kalori lebih cepat.

Tidak Mencoba Bentuk Kardio Lain
Cobalah metode latihan kardio lain untuk melatih dan membentuk otot. Anda boleh saja fanatik dengan olahraga ini (lari). Namun, begitu fanatik juga tidak baik. Apabila Anda tidak memiliki waktu yang cukup, masih banyak latihan kardio yang tidak akan menggangu waktu sibuk Anda.

Pola Lari yang Sama
Olahraga lari dengan pola yang sama ternyata membuat olahraga lari Anda tidak efektif. Karena menjadikan pola itu semakin ringan untuk dilakukan. Anda dapat mengefektifkan olahraga lari Anda dengan melakukan peningkatan target lari. Ubah rute lari setiap minggunya, sehingga tubuh tertantang setiap sesi lari. **SS

SHARE