Facebook dan Inovasi Tiruan Terbaru | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Facebook dan Inovasi Tiruan Terbaru
Sopan Sopian | Digital Life

Inovasi Facebook terus bergeliat. Bukan hanya terfokus pada Instagram dan WhatsApp saja, Facebooknya sendiri terus mengalami perkembangan inovasi. Namun, inovasi yang diterapkan pada fitur-fitur milik perusahaan Mark Zuckerberg itu kerap mencaplok fitur media sosial lain. Sebut saja Stories Instagram yang mencaplok Snapchat.

Pixabay.com

Untungnya, fitur tersebut semakin populer dikalangan milenial yang kemudian diintegrasikan pada WhatsApp dan Facebook sendiri. Tidak hanya itu, Inovasi Facebook yang dianggap mencaplok ide media sosial lainnya yang kini masih dalam uji coba adalah fitur kencan.

Fitur tersebut juga diakui Facebok mirip dengan Tinder. Namun katanya masih memiliki perbedaan. Perbedaan itu, pada aplikasi Tinder, orang yang dihubungkan tidak harus saling kenal lebih dulu. Pada Facebook, mereka yang bisa berhubungan dengan fitur barunya ini hanya yang sudah saling berteman.

Kini, belum fitur baru yang mirip Tinder itu diluncurkan, Facebook sedang uji coba fitur baru yang mirip dengan jejaring sosial profesional, LinkedIn. fitur baru ini memungkinkan pengguna Facebook memasukkan informasi detail mengenai pengalaman profesionalnya (fitur resume atau curriculum vitae).

Pihak Facebook mengklaim bahwa privasi dan informasi yang diberikan itu tidak akan beredar di beranda atau profil publik. Namun yang dapat melihat fitur itu adalah pihak perekrut kerja. Terkait inovasi Facebook yang serba mirip itu belum ada jawaban kepada media.

Meski begitu, inovasi facebook tersebut bisa dianggap wajar, selain user terus berkembang dikalangan milenial, banyak juga pencari maupun perekrut kerja menggunakan Facebook untuk memenuhi kepentingan mereka.

Adanya pembaharuan fitur ini bisa menjadi tanda bahwa saat ini Facebook mulai melakukan ekspansi dalam ruang rekrutmen sosial dan bersaing langsung dengan LinkedIn.

Fitur Pesan Makanan
Lain lagi dengan fitur baru yang masih uji coba, mungkin masih ada yang belum sadar, facebook memiliki fitur baru yang konon mirip Go-Food, yaitu fitur pesan makanan. Inovasi facebook itu telah diluncurkan awal Oktober 2017 di Amerika.

Fitur tersebut ini hanya ada pada aplikasi facebook mobile dan terletak pada menu dengan nama "Order Food" di bawah tab “Explore”. Tetapi perbedaannya adalah, Facebook tidak memiliki armada (rekanan) kurir makanan sendiri, melainkan bekerja sama dengan penyedia jasa tersebut yang sudah ada sebelumnya, termasuk GrubHub, Delivery.com, ChowNow, dan Slice.

“Pengguna sudah berada di Facebook untuk melihat restoran dan memutuskan mau makan atau pesan makanan di mana, kami mempermudah saja,” ujar VP Facebook Alex Himel, seperti dikutip dari laman The Verge.

Selain dengan penyedia jasa kurir makanan, Facebook turut bekerja sama dengan jaringan restoran setempat seperti Chipotle, Wingstop, dan TGI Friday’s. Bagi pengguna Facebook di Indonesia, fitur baru ini belum bisa diakses, karena hanya tersedia pada pengguna aplikasi dan situs mobile Facebook di Amerika saja. **SS

SHARE