Membuka Lembar Sejarah Hari Minggu Jadi Hari Libur | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Membuka Lembar Sejarah Hari Minggu Jadi Hari Libur
Sopan Sopian | Story

Setiap momen tentu memiliki cerita atau sejarah dibaliknya, begitu juga hari Minggu. Menurut International Organization for Standardization ISO 8601, hari Minggu adalah hari ketujuh dalam seminggu. Metode untuk merepresentasikan penanggalan dan waktu ini telah digunakan sejak 1988.

hari minggu
pexels.com

Kata 'minggu' diambil dari bahasa Portugis, Domingo (dari bahasa Latin dies Dominicus, yang berarti "dia do Senhor", atau "hari Tuhan kita"). Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu.Baru sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, kata ini dieja sebagai Minggu.

Mengacu pada makna "Hari Tuhan Kita" menjadi cikal bakal atau sejarah hari Minggu sebagai hari libur di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kecuali Bangsa Arab menetapkan hari libur adalah pada Jumat. Mereka beranggapan bahwa Jumat adalah hari yang paling suci dan untuk beribadah. Sedangkan Yahudi memilih Sabtu sebagai hari libur mereka, dengan alasan yang sama dengan bangsa Arab.

Usut punya usut, sejarah hari Minggu menjadi hari libur bermula dari tradisi Romawi Kuno di Italia. pada massanya, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya.

Sejak masa itu pula, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. karena tidak ingin melewatkan ibadah, bangsa Romawi Kuno menghentikan segala kegiatan untuk beribadah dan ditandai dengan warna merah. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya.

Menjadi Hari Libur di Indonesia
Selain sebagai hari untuk beribadah. Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Pengaruh ini kemudian menyebar pula ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi. Salah satunya, Belanda.

Seperti diketahui, Belanda sempat menduduki Indonesia selama 350 tahun. Konon, bermula dari jajahan Belanda, Indonesia pun akhirnya menjadikan hari Minggu sebagai hari libur.

Hingga saat ini, pemerintah Indonesia menetapkan hari Minggu sebagai libur nasional. Kalender Indonesia juga mewarnai hari libur dengan warna merah. **

SHARE