Jangan Lupa, Dasi Juga Perlu Dirawat - Male Indonesia
Jangan Lupa, Dasi Juga Perlu Dirawat
MALE ID | Looks

Dasi merupakan salah satu item yang seringkali digunakan kaum pria utamanya ketika bekerja, namun apakah Anda sudah paham mengenai cara merawat dasi pria?


Photo by Andrew Worley on Unsplash

Sudah bukan hal yang aneh bila para pria masa kini wajib memperhatikan kualitas penampilan mereka di tempat kerja. Tujuannya agar pria memiliki aura profesional. Kualitas penampilan yang dimaksud meliputi penggunaan kemeja, jas, celana panjang, sabuk dan sepatu. Tunggu dulu, rasanya ada yang tertinggal. Sebuah dasi, terutama bila Anda mengenakan setelan jas.

Fungsi dasi sangatlah vital, maka cara merawat dasi pria juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda tentu enggan mengenakan dasi yang sudah kusut saat akan menghadiri rapat penting, sementara atasan mewajibkan Anda untuk memakainya. Bila sudah demikian, ritme kerja bisa terganggu.

Merawat dasi pria membuat Anda terlihat lebih rapi dan terkesan elegan. Anda bisa mengetahui beberapa cara tepat dalam mempertahankan keawetan dasi, seperti yang dijelaskan di bawah ini. Antara lain:

Cara Menggunakan yang baik
Ketika menggunakan dasi, jangan menariknya terlalu kencang dan terburu-buru. Kenakan perlahan-lahan sehingga Anda tidak merusaknya. Menggulung dan memasukkan dasi di saku jas atau jaket bisa menjadi alternatif sebelum Anda mulai mengenakannya di kantor.

Hati-hati Saat Melepas
Sering mengikat dasi mengakibatkan tampilannya terlihat kusut atau tidak rapi. Demi mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa melepas ikatan dasi secara hati-hati setelah mengenakannya. Lepaskan lebih dulu ikatan simpul yang membelit, lalu tarik sesuai arah yang berlawanan. Jangan asal melepas kecuali Anda tidak peduli risiko yang ditimbulkan.

Menyimpan di Tempat Aman
Anda baru saja pulang bekerja dan bingung mau menaruh dasi di mana. Cukup Anda gantung di hanger. Pastikan tidak sedang dalam kondisi terikat agar dasi tidak gampang kusut. Bila sudah terlanjur, gulung pada jari telunjuk Anda dan biarkan satu malam. Setelah itu, simpan dasi di dalam lemari.

Membersihkan dari noda
Dengan rutinitas yang padat kemungkinan apapun dapat menimpa Anda. Contoh sederhana, Anda sedang makan dan tiba-tiba makanan jatuh ke dasi, dimana hal itu menimbulkan noda. Bagaimana membersihkannya? Gunakan kain yang sudah dibasahi air, gosok noda perlahan-lahan. Khusus untuk noda berminyak, Anda bisa menaburkan bedak di atasnya.

SHARE