Mengingat Gulat Gurita, Olahraga Tradisional yang Unik | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengingat Gulat Gurita, Olahraga Tradisional yang Unik
Sopan Sopian | Story

Olahraga gulat gurita ini terbilang unik. Seperti namanya, para atlet yang terlibat dalam olahraga ini benar-benar harus bergulat dengan gurita.

pixabay.com

Gulat Gurita atau World Octopus Wrestling Championships ini sebenarnya olahraga tradisional Amerika Serikat yang pertama kali dilakukan pada akhir 1940-an. Namun olahraga yang hingga awal 1960-an masih popular ini kini telah punah.

Meski telah punah, olahraga gulat gurita ini pernah diadakan secara tingkat dunia pada 1963, di tepi Puget Sound di dekat Tacoma Narrows, Washington. Sekitar 5.000 penonton berkumpul untuk menyaksikan gulat eksentrik ini.

Pada tahun tersebut juga menjadi tahun keemasan olahraga gulat gurita. Karena selain penontonnya yang membludak. Peserta olahraga ini pun mencapai 111 peserta. 25 gurita Pasifik raksasa berhasil ditangkap dengan rata-rata bobot sekitar 2 hingga 25 kilogram.

William Menard adalah orang yang pertama kali menemukan olahraga ini. Hal itu diketahui dari sebuah artikel berjudul "Gulat Gurita adalah Hobi Saya" yang diterbitkan Mechaniz Illustrated pada Edisi April 1949.

William Menard menemukannya saat sedang berkunjung ke Tahiti. Di sana ia menghabiskan banyak waktu bersama penduduk lokal yang berprofesi sebagai pemburu gurita raksasa. Sejak saat itulah olahraga gulat gurita mulai dikenal di wilayah pantai barat Amerika Serikat.

Meski namanya begitu menyeramkan. Namun aturannya tidak begitu sulit. Setiap tim harus berisi 2 hingga 3 orang yang kemudian harus menanggap gurita dengan tangan kosong. Proses penangkapan dilakukan dengan menyelam ke dasar perairan sedalam 18 meter tempat paa gurita bersarang.

Saat akan ditangkap gurita pasti akan melawan. Dari sanalah asal nama gulat gurita. Gurita-gurita yang telah ditangkap akan diukur oleh juri. Peserta yang menangkap gurita terbesar adalah pemenangnya. Gurita yang sudah ditangkap boleh dikembalikan ke laut, diserahkan ke akurium lokal atau dikonsumsi.

Dalam versi Amerika, ada dua kategori permainan, yakni menggunakan peralatan selam dan satu lagi tidak. Peserta mendapat poin dua kali lebih banyak untuk setiap pon gurita yang ditangkap saat tidak menggunakan peralatan selam.

Sayangnya, setelah mencapai puncak kepopularan, pada pertengahan 1960 olahraga gulat gurita ini mulai ditinggalkan. Seperti peraturannya, alasan orang meninggalkan olahraga unik ini pun simpel, yakni hanya karena bosan.

Selain itu, Pada tahun 1976, negara bagian Washington membuat olahraga ini menjadi terlarang melalui undang-undang yang menyatakan menangkap atau melecehkan seekor gurita adalah perbuatan ilegal. **SS

SHARE