Memakai Jas Ada Aturannya agar Terlihat Gagah - Male Indonesia
Memakai Jas Ada Aturannya agar Terlihat Gagah
MALE ID | Looks

Memakai jas tentu tidak hanya cukup terlihat nampak keren. Anda juga perlu tahu aturan memakainya. Sehingga selaras antara keren dan bagiamana seorang pria tampil baik dengan jas.

Photo by Daniel Apodaca on Unsplash

Jika hanya tampil keren, Anda akan tetap ditertawakan saat berada diacara-acara formal apabila salah dalam memakai jas. Karena pria yang matang tentu tahu bagaimana memakai jas. Lalu seperti apa aturan yang baik dalam memakai jas?

1. Awetkan Jas dengan Kenalan Kaos Dalam

Tidak sedikit, mungkin Anda termasuk. Dalam beberapa kasus masih banyak pria yang memaksakan diri tidak mengenakan kaos dalam sebagai layer atau dalaman saat memakai jas. Padal, kaos ini penting fungsinya saat Anda banyak berkeringat.

Fungsinya bisa ditebak, kaos dalam dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga jas tetap tahan lama untuk pemakaian selanjutnya tanpa harus sering-sering dicuci.

2. Jas Harus Menutupi Resleting Celana

Panjang jas pria yang pas adalah menutupi resleting celana dan bokong. Jangan memakai jas pria yang terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Ini akan membuat Anda terlihat konyol di depan kolega atau teman-teman Anda saat dalam acara formal.

Direkomendasikan buatlah jas sendiri sehingga ukurannya pas dengan tubuh Anda. Pastikan bahu Anda cocok dengan setelan jas jika Anda membeli jas pria yang sudah jadi.

3. Aturan Mengenakan Kancing Jas

Jika Anda menambahkan rombi di dalamnya sebelum ditutupi jas, pastikan kancing jas paling bawah terbuka dan tidak dikait. Jika jas Anda memiliki kancing tiga, kancing paling tengah harus selali dikaitkan.

Kemudian untuk tidak merusak kerapian jas, pastikan semua kancing terbuka ketika Anda duduk. Selain itu, kancing atas pada jas berkancing dua atau kancing tengah pada jas berkancing tiga, harus jatuh di atas pusar.

Setelan jas pria yang berkancing dua dan kerah berlekuk cocok untuk keperluan bisnis formal, sedangkan setelan jas pria berkancing satu cocok untuk penampilan yang lebih santai.

4. Panjang dan Warna Dasi

Dalam mekakai dasi sebagai pasangan jas, Anda perlu berhati-hati. Jangan sampai memakai dasi saat memakai jas melebihi pinggang Anda. Pakailah dasi yang panjangnya cukup mencapai pinggang atau lebih pendek sedikit.

Kemudian, untuk lebear dasi, Anda harus menyesuaikan lebar dasi dengan lebar kerah. Pemilihan warna pun perlu diperhatikan, baiknya kenakan dasi berwarna gelap. Lebih gelap dari warna kemeja yang Anda kenakan agar detailnya lebih terlihat.

5. Pastikan Ujung Celana Jatuh di Atas Sepatu

Saat memakai jas, pastikan ujung celana jatuh tepat di bagian atas sepatu. Hal itu agar penampilan Anda lebih fashionable. Hindari penggunaan celana yang terlalu panjang, karena dapat merusak estetika dan Anda terlihat aneh saat memakainya.

Jika Anda ingin tampil casual, bisa memakai celana yang lebih tinggi lagi. Tentu tidak menyalahi aturan jika Anda ingin menggulungnya. **

SHARE