Pria, Penyakit Diabetes Jangan Dianggap Sepele - Male Indonesia
Pria, Penyakit Diabetes Jangan Dianggap Sepele
MALE ID | Sex & Health

Penyakit diaebetes tidak bisa dianggap sepele. Karena jumlah orang di dunia telah meningkat dari yang semula hanya 108 juta pada tahun 1980 menjadi 422 juta pada 2014.

Male Indonesia

Di Indonesia, penyakit diabetes sudah menjadi penyakit pembunuh nomor tiga. Hal tersebut diungkapkan oleh Sample Registration Survey 2014. Diabates dengan kompikasi menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia.

Karena penyakit diabetes merupakan salah satu penyumbang utama seseorang mengalami kebutaan, gagal ginjal serangan jantung, stroke, hingga melakukan amputasi. Apalagi penyakit diabetes pun menjadi salah satu penyakit yang kerap menyerang pria.

Jika seorang pria mengidap diabetes maka pria tersebut akan mengalami risiko yang lebih besar mengalami impotensi dan kadar testoteron yang rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan depresi atau kecemasan yang berlebihan.

Sebelum terlambat lebih baik Anda mengantisipasinya lebih awal. Untuk mengantisipasinya, banyak hal yang dapat Anda lakukan agar resiko terkena penyakit diabetes tidak lebih berkembang.

Merokok
Ini bukan salah satu penyebab utamanya, tetapi tembakaulah yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dan menyebabkan Anda untuk mengembangkan resistensi insulin. Semakin banyak Anda merokok, semakin besar risiko diabetes.

Jika Anda seorang perokok dengan berat berlebih, maka Anda hampir dua kali lipat terkena resiko penyakit dibandingkan dengan non-perokok. Hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk mengurangi berapa banyak Anda menyalakan rokok atau sebaiknya tidak sama sekali.

Memiliki Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu penyebab utama diabetes tipe 2. Jelas berat badan adalah masalah rumit, dan beberapa orang merasa lebih mudah untuk menurunkan berat badan daripada yang lain. Tapi salah satu cara Anda dapat menjaga ukuran Anda turun adalah menghindari makan berlebihan dengan memantau ukuran porsi Anda.

Kurangi Asupan Daging
Penelitian telah menunjukkan bahwa diet nabati dapat mengurangi kemungkinan Anda mengalami penyakit diabetes, bahkan dapat meningkatkan kontrol gula darah pada orang yang sudah menderita penyakit diabetes.
Hal ini karena pola makan nabati dimana rendah lemak jenuh dan hampir bebas dari kolesterol makanan.

Sebuah studi dari 150.000 orang yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang makan setengah ekstra daging dengan ukuran setengah telapak tangan Anda, setiap hari memiliki 50 persen risiko lebih tinggi terkena diabetes 2 Type.

Namun, penelitian ini menemukan bahwa mengurangi asupan daging oleh lebih dari setengah porsi sehari mengurangi risiko ini hingga 15 persen.

Terlalu Banyak Minum
Minuman berat dapat mengurangi sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang dapat mengarah pada pengembangan dari diabetes tipe 2. Alkohol juga sarat kalori dan segelas bir setara dengan seluruh sepotong pizza.

Jadi semakin banyak Anda minum, semakin besar kemungkinan Anda untuk menjadi kelebihan berat badan dan kemudian semakin tinggi risiko penyakit diabetes tipe 2. Namun, jika anda mengurangi jumlah yang Anda minum dan menempel minuman rendah kalori, seperti gin dan tonik slimline, akan membantu.

Melewatkan Gym
Latihan aerobik membantu menjaga gula darah, tekanan darah dan kadar kolesterol Anda pada target serta menjaga berat badan Anda turun.
Idealnya Anda harus melakukan sekitar 30 menit dalam sehari, setidaknya selama lima hari dalam seminggu.

Sangat penting untuk tetap konsisten aktif sepanjang hari, juga. Cobalah untuk pergi untuk setidaknya satu menit berjalan kaki setiap jamnya, jika Anda bisa.

Terlalu Banyak Garam
Garam meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes karena meningkatkan tekanan darah. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa memberikan anak-anak dan remaja terlalu banyak garam meningkatkan kemungkinan mereka menjadi gemuk di kemudian hari.

Jangan Banyak Bawa Makanan ke Rumah
Semua orang suka membawa makanan pulang kerumah. Tapi, karena tidak ada keraguan, semua orang sudah tahu, bahwa biasanya jauh lebih tinggi lemak dan garam daripada makanan yang Anda masak di rumah.
Idealnya, Anda akan tidak pernah makan takeaway, tapi kami tahu itu tidak benar-benar realistis. Jadi, ada beberapa pilihan cerdas Anda ketika memesan menu yang tidak terlalu berlemak

Terlalu Banyak Menyesap Kopi
Penelitian telah menunjukkan bahwa minum tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sekitar 40 persen. Hal ini karena kopi mengandung polifenol, yang secara luas dianggap membantu mencegah penyakit inflamasi seperti diabetes.

Sesuai dengan beberapa saran lain dalam daftar ini, kami sarankan mengambil latte Anda dengan kedelai atau susu almond. Tapi menjadi sebuah peringatan, jika Anda sudah memiliki diabetes, kafein dalam kopi dapat merusak sensitivitas insulin dan membuat kondisi lebih buruk.

Karbohidrat Berlebih
Karbohidrat merupakan bagian penting dari diet kita, dan harus membuat sekitar sepertiga dari apa yang Anda makan, terutama jika Anda berolahraga secara teratur. Tapi jika Anda makan terlalu banyak karbohidrat Anda mengambil risiko jauh lebih banyak kalori dari yang Anda dapat bakar, yang kemudian akan diubah menjadi lemak.

Studi dari 2014 mengungkapkan hubungan langsung antara karbohidrat dan diabetes tipe 2 - sebagian besar sebagai akibat dari kenaikan berat badan. **

SHARE