Arena Balapan Termegah di Dunia - Male Indonesia
Arena Balapan Termegah di Dunia
MALE ID | Sport & Hobby

Berbicara tentang ajang balapan tidak melulu membahas para pembalap atau kendaraan yang digunakan, melainkan juga sirkuit balapan itu sendiri. Bila anda pemerhati ajang balapan seperti event Formula1 atau Motogp, tentu tidak asing lagi dengan nama-nama sirkuit yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Sederetan sirkuit balapan memiliki kisah dan sejarah yang berbeda-beda. Bahkan beberapa di antaranya menjadi favorit para pembalap profesional. Maka jangan heran jika arena ajang balap kuda besi dan jet darat selalu dibuat dengan arsitektur indah dan tingkat keamanan yang tinggi.

Tunggu apalagi? Tak perlu berlama-lama, simak ulasan terkait sirkuit balapan paling megah di muka bumi berikut ini.

Laguna Seca

sirkuit balapan

Erik Charlton

Lokasinya berada di kawasan Amerika Utara dan sangat terkenal. Merupakan rumah bagi berbagai ajang adu balap seperti Motogp, WSB dan AMA racing. Laguna Seca didominasi oleh tikungan legendarisnya yang berbentuk huruf Z, CorkscrewCorner. Tikungan ini tak hanya menjadi rintangan yang menyulitkan para pembalap, tetapi juga kameramen televisi yang meliput. Sirkuit Laguna Seca memiliki panjang 3,601 km disertai 11 tikungan.

TT Course/The Isle of Man

sirkuit balapan

Mark Walker

The Isle of Man adalah pulau unik yang terletak antara Inggris dan Irlandia. Setelah krisis finansial global, pulau ini hanya dihuni oleh para pembalap motor. Sirkuit balap TT Course pertama kali dibuka secara resmi pada tahun 1907. Ruas jalanan di lembah pedesaan dengan tekstur yang indah membuat TT Course ditahbiskan sebagai surga para biker untukngebut sekencang-kencangnya tanpa khawatir ditangkap polisi. Panjang sirkuit ini mencapai 60,72 km dan 200 tikungan di dalamnya.

Sepang

sirkuit balapan

Postmortem at Russian Wikipedia

Sirkuit Sepang berada di negeri tetangga kita, yaitu Malaysia. Berjarak 5,53 km, sirkuit ini cukup artistik dan memiliki atap stadium layaknya pohon palem, menandakan eksotisme negeri jiran.

Mugello

sirkuit balapan

By Press office (Mugello Circuit)

Mugello terletak di sudut La Dolce Vita, Florence, Italia. Dengan kontur tanah bergelombang, terdapat 15 tikungan tajam di ruas jalan sepanjang 5,24 km. Para biker dibuat tertantang menaklukkan sirkuit ini di atas kecepatan hingga 320 km/jam.

Suzuka

sirkuit balapan

By Morio (Own work)

Sirkuit Suzuka adalah sirkuit yang didirikan pada tahun 1962 di Suzuka, Jepang. Banyak pihak menyebutnya sebagai salah satu sirkut tersulit di dunia. Sirkuit sepanjang 5,79 km plus 17 tikungan bervariasi ini akhirnya tidak boleh digunakan pada ajang balapan Motogp untuk selamanya. Setelah kecelakaan tragis yang menyebabkan pembalap asal Jepang, Daijiro Kato meninggal dunia pada tahun 2003.**GP

SHARE