Para Pemimpin Gagal di Negeri Paman Sam - Male Indonesia
Para Pemimpin Gagal di Negeri Paman Sam
MALE ID | Story

Tidak ada yang lebih mengecewakan dibanding memiliki Presiden terburuk di suatu negara. Belum lagi menelaah kepada proses pemilihan umum sendiri, banyak pro dan kontra di dalamnya. Bisa dipastikan, setiap pemilu Presiden sering berakhir mengecewakan.

Masih ingat detik-detik dimana Donald Trump ditahbiskan menjadi Presiden Amerika Serikat setelah mengalahkan pesaingnya, Hillary Clinton? Sebagian besar orang menganggap kemenangannya sangat aneh bin ajaib. Para pendukung Hillary sungguh terpukul melihat fakta bahwa kubu mereka dinyatakan kalah. Itulah kenyataannya.

Sejak awal kepemimpinannya, sejumlah protes berdatangan dari berbagai pihak. Kebijakan yang diterapkan oleh Trump seperti mengutip pernyataannya yang akan mengusir umat Islam dari Amerika serta membangun tembok perbatasan menuai kontroversi. Dunia melabelinya sebagai Presiden terburuk Amerika di era milenial.

Berbicara mengenai Presiden terburuk Amerika, rupanya tidak hanya Donald Trump saja yang dianugerahi predikat tersebut. Masih ada nama-nama mantan Presiden negeri Paman Sam yang melakukan blunder bahkan pergerakan-pergerakan kontroversial. Siapa saja mereka? Berikut penuturan singkatnya.

Warren G. Harding

presiden terburuk
Harris & Ewing

Ia adalah Presiden Amerika Serikat yang menjabat dari tanggal 4 Maret 1921 hingga 2 Agustus 1923. Selama kepemimpinannya, Warren pernah mengacaukan pemerintahan. Kala itu ia sengaja memasukkan nama-nama tertentu agar dirinya menguasai Amerika sepenuhnya. Mendagri pilihannya, Albert B. Fall, terlibat skandal dan akhirnya dipenjara.

James Buchanan

presiden terburuk
Mathew Brady

James Buchanan sempat memimpin Amerika selama empat tahun, 1857 hingga 1861. Namanya masuk dalam predikat ini lantaran pernyataan kontroversialnya yang mendukung gerakan perbudakan di Amerika membuat perang saudara tak terelakkan. Puncaknya, lebih dari 500.000 orang meninggal sia-sia. Ia kemudian digantikan oleh Abraham Lincoln, dan berkat Lincoln-lah berakhir pula perang saudara di sana.

George Bush

presiden terburuk
The U.S. National Archives

Mau tahu siapa yang menjadi penyebab merosotnya perekonomian di Amerika? Dia adalah George Bush (2001-2009). Berbagai keputusannya dipertanyakan dan pamornya buruk di mata dunia. Seperti yang telah diketahui, Bush adalah Presiden Amerika yang mendalangi invasi besar-besaran ke Afghanistan dan Irak. Ia menuduh dua negara Timur Tengah tersebut menyimpan senjata pemusnah massal. Alih-alih mendapat bukti, uang kas negara justru habis akibat ambisi butanya menggulingkan Saddam Husein.

Franklin Pierce

presiden terburuk
Mathew Brady

Dari nama-nama yang telah disebutkan sebelumnya, sosok dirinyalah yang dianggap paling tidak memiliki kapabilitas sebagai pemimpin negara. Franklin Pierce (1853-1857) hanya mengandalkan daya tarik beserta ketampanan wajahnya. Sedangkan di masa kepemimpinannya, ia dikenal sebagai pribadi yang mudah dipengaruhi. Keputusan kontroversialnya terkait perbudakan membuat bibit-bibit perang saudara di Amerika mulai tumbuh.**GP

SHARE