Sejarah Mencekam Perfilman Horor Indonesia - Male Indonesia
Sejarah Mencekam Perfilman Horor Indonesia
MALE ID | News

Film horor Indonesia selalu mendapatkan tempatnya sendiri. Tetapi apakah Anda tahu perjalanan film horor di Indonesia? Ternyata, film horor di Indonesia memiliki sejarah panjang. Di mana, dalam sejarahnya yang panjang ini, film horor di Indonesia sempat mengalami "mati suri". Seperti genre film lainnya di Indonesia.

film horor Indonesia pixabay.com

Namun, usut punya usut, film bergenre ini pada awal kemunculannya memiliki cerita dan visual yang lebih menakutkan dibandingkan dengan sekarang. Meski tidak seseram masa lalunya, dan terlepas dari sisi sensual di dalamnya, film bergenre horor ini tetap diminati.

Hal itu karena masyarakat Indonesia sangat suka sekali dengan hal berbau mistis dan film bergenre ini juga memberikan rasa penasaran. Lalu, sejak kapan kemunculan film horor di Indonesia? Berikut perjalanan film horor Indonesia dari masa ke masa.

1. Tahun 1934
Sejarah panjang film horor di Indonesia bermula di tahun 1943. Di mana, film horor pertama berjudul "Doea Siloeman Oeler Poeti en Item" yang merupakan karya The Teng Chun. Konon film ini begitu seram.

2. Tahun 1942
Di tahun ini, Indonesia masih dalam penjajahan Jepang. Pada tahun ini pula dunia perfilman di Indonesia mengalami gangguan. Semua industri film termasuk film bergenre horor mengalami "mati suri" hingga kemerdekaan diraih Indonesia.

3. Tahun 1974
Film horor dengan judul "Beranak dalam Kubur" tentu tidak pernah bisa lupa dari ingatan. Film yang diperankan oleh aktris kenamaan Suzanna ini sudah menjadi film wajib tonton untuk film bergenre horor. Film ini pula yang menjadi awal kebangkitan film horor Indonesia setelah mati suri.

4. Tahun 1970-1990
Pada tahun-tahun ini, film horor di Indonesia kerap dibumbui adegan-adegan sensual, kekerasan, dan unsur komedi. Selain itu, pada tahun ini juga hantu kuntilanak, sundel bolong, dan pocong menjadi ikon film horor.

5. Tahun 1980
Masa orde baru memengaruhi cerita dalam film horor di Indonesia. Di mana, pemerintah mewajibkan seluruh film, termasuk film horor memiliki pesan moral dengan diwakilkan oleh tokoh agama.

6. Tahun 1990
Pada tahun ini, dimulainya dunia televisi. Kemunculannya ternyata memberikan efek yang memengaruhi dunia perfilman, di mana industri film Indonesia kembali "mati suri", begitupun film bergenre horor.

7. Tahun 2001
Film dengan ritual patung kayu dan mantra "Datang Tak Dijemput, Pulang Tak Diantar" ini menjadi film pertama yang membangkitkan perfilman Indonesia di abad 21. Ya, Jelangkung adalah film yang berhasil membangkitkan kembali film horor dari "mati suri".

8. Tahun 2007-2019
Masa keemasan industri film ada di tahun ini, ada 16 sampai 70 film yang laris dan tergolong sangat menakutkan.

9. Tahun 2012
Tahun 2012 ini menjadi kiamat bagi film horor di Indonesia karena penjulannya hanya mencapai 157 ribu tiket yang terjual dari 19 film horor yang diproduksi.

10. Tahun 2017
"Danur : I Can See Ghosts" film ini didaulat sebagai film horor Indonesia yang paling laris dalam sejarah dengan mencapai 2,73 juta penonton. **

SHARE