5 Tips Fotografi bagi Pemula Agar Hasil Maksimal - Male Indonesia
5 Tips Fotografi bagi Pemula Agar Hasil Maksimal
MALE ID | Sport & Hobby

Fotografer pemula, jangan dahulu terburu-buru membeli kamera dan lensa yang mahal. Apalagi Anda benar-benar serius ingin mendalami dunia seni visual ini.  Menrut O'Onk Madourat seorang mentor foto dan editing, kamera dan lensa yang mahal tidak bisa menentukan hasil yang bagus. Apabila tidak didukung dengan basic (dasar) dan skill (keahlian) yang diolah lebih dahulu.

fotografi bagi pemula pixabay.com

"Selama saya workshop atau seminar, terkadang kamera bagus belum tentu menghasilkan hasil yang bagus. Terkadang dengan kamera yang biasa malah bagus," tutur dia kepada MALE Indonesia.

Dia mengaku, dirinya pun saat masih menjadi pemula, menggunakan kamera seri 1000D. Karena, tegas dia, apapun kamera dan lensanya, jika yang memegang belum tahu basic, hasilnya pun akan standar-standar saja. Seingga menurut pria bertubuh tambun ini mengatakan, tips fotografer pemula yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1. Back to Basic
Mengasah kemampuan bagi fotografer pemula yang diperlukan pertama adalah basic. Maksudnya, Anda cukup mengunakan kamera dan lensa standar pabrik lebih dahulu. Pelajari dasar-dasar kamera dan lensa. Sampai tahu kekurangan dan kelebihan diri Anda sendiri.

2. Kuasai Kamera dan lensa
Setelah basic bagus, kata O'Onk, kuasailah kamera yang Anda miliki. Terus pelajari lebih dalam terkait fungsi-fungsi setting dalam kamera. Kenali lensa yang harus digunakan untuk momen-momen tertentu.

3. Mencintai Dunia Fotografi
Yang paling penting adalah poin ketiga ini, kata O'Onk. Meski basic dan bisa mengausai kamera, jika tidak menyukai atau mencintai dunia fotografi, hasilnya pun tidak akan maksimal. "Kadang orang yang hobi itu tidak benar-benar hobi awalnya. Melainkan hanya sekadar suka foto-foto kemudian keasikan, baru jadi hobi. Dan ini masih bisa goyah. Bisa saja setelah bosan akan ditinggalkan," tutur dia.

4. Banyak Latihan
Di sini, yang perlu dilatih adalah, Anda jangan terlalu terpatok dengan setting-an auto. Latihlah dengan setting-an manual. Sehingga Anda bisa mengetahui semuanya. Teknik pun akan semakin meningkat dalam membidik dan menghasilkan gambar yang maksimal.

Anda harus terbiasa dengan setting-an manual untuk ISO, shutter speed, dan aperture. Jika terbiasa dengan auto, hasil bidikan pun akan terlihat standar dengan pencahayan yang sama seluruhnya.

Dengan pengalaman manual yang terus Anda asah. Tentu Anda akan mengusai soal pencahayan, kondisi, dan lain-lain. Pengalaman inilah yang akan mengasak teknik dan sense of photography.

5. Berani Praktek
Setelah semua sudah dikuasai, prakteklah. Agar apa yang Anda kuasai lancar di lapangan. Ikuti lomba-lomba foto. Cari objek yang belum Anda foto sebelumnya. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda praktekan setelah sekian lama berlatih.

6. Bersosialisasi
Tips terakhir untuk para fotografer pemula ini adalah pentingnya sosialisasi. Karena belajar kepada yang lebih ahli masih perlu. Gabung dengan komunitas untuk saling mengenal dan menambah teknik-teknik baru dalam pengambilan gambar. Sehingga Anda akan mememiliki pengetahuan lain tentang fotografi. Ketika Anda telah mengtahui hal-hal baru dunia fotografi, dijamin akan lebih mencintai dunia seni visual ini. **

SHARE